Home Olahraga Kerjunas Karate, Panglima TNI Target Atlet Go Internasional

Kerjunas Karate, Panglima TNI Target Atlet Go Internasional

Jakarta, Gatra.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membuka kegiatan Kejurnas Karate Piala Panglima TNI 2019 VII. Kejuaraan ini berlangsung mulai tanggal 13-16 September 2019 dan menjadi bagian integral dari sistem pembinaan prestasi atlet TNI-Polri dan umum.

Hadi mengatakan, target yang dicanangkan dalam Kejurnas ini untuk mengirim atlet ke kejuaraan internasional. "Sehingga kita geber kegiatan [Kejurnas] ini sehingga target yang kita inginkan bisa tercapai," kata Hadi di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (13/9).

Hadi menjelaskan, nantinya pemenang dari kejurnas ini akan diikutsertaan untuk mengikuti kejuaraan internasional di Chile untuk kelas junior, dan untuk pemenang dari kelompok seniorn akan diseleksi untuk mengikuti Sea Games di Filipina pada bulan Desember. Ia mengharapkan para atlet yang menjuarai kejurnas mampu berkontribusi di ajang internasional.

"Harapan kita, kita tetap paling tidak mempertahankan 3 emas. Terlebih di Sea Games. Syukur-syukur kita bisa lebih dari itu. Apalagi untuk emas di karate ada 15 emas yang nanti kita bisa ambil 3 emas minimal. Syukur-syukur bisa nambah. Itu lah harapan kita dari event Kejuaraan Nasional panglima TNI tahun ini," ungkapnya.

Sebagai informasi, Jumlah kelas yang dipertandingkan dalam Kejurnas ini ada dua kategori yaitu Kategori TNI-Polri mempertandingkan Kata dan Komite (perorangan dan beregu) untuk kelas senior putra dan kelas senior putri.  Sedangkan Kategori Umum (PB/PP Perguruan dan Pengprov FORKI) kelas Junior, Cadet, dan Under-21 mempertandingkan Kata dan Komite perorangan untuk putra dan putri.

Peserta keseluruhan sebanyak 1.066 orang terdiri dari atlet TNI-Polri 402 orang (putra 334 dan putri 68) dan Atlet Umum 664 orang (putra 373 dan putri 291). Kontingen TNI-Polri sebanyak 33 kontingen, sedangkan perguruan dan Pengurus Provinsi Forki sebanyak 45 kontingen.

Sedangkan untuk medali yang diperebutkan dalam Kejurnas ini terdiri dari dua kategori. Pertama, Kategori TNI 30 emas, 30 perak, dan 60 perunggu.  Sedangkan Kategori Umum (Junior, Cadet, Under-21) yakni 39 emas, 39 perak, dan 78 perunggu.

122