Home Milenial Dobo Dilanda Karhutla, Gudang Bahan Peledak Nyaris Terbakar

Dobo Dilanda Karhutla, Gudang Bahan Peledak Nyaris Terbakar

Ambon, Gatra.com- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di Dobo, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku, Selasa (17/9/2019).

Karhutla terjadi tepat di sekitar pegunungan PT. Kalrez Petroleoum, salah satu perusahan minyak di Ibukota Kabupaten SBT tersebut.

Kebakaran itu nyaris membakar gudang bahan peledak milik PT. Kalrez yang tersisa 100 meter dari titik api. Beruntung, aparat kepolisian setempat cepat turun tangan.

Hingga kini belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Tapi dugaan sementara, api muncul dari rumput ilalang yang tumbuh di tempat kejadian perkara (TKP). Rumput itu rentan terbakar disaat musim panas.

Operasi pemadaman melibatkan Polres SBT, Brimob Kompi B, Polsek Bula dan Karyawan PT Karlez. Operasi pemadaman dipimpin Waka Polres Kompol La Udin Taher.

"Personel yang dilibatkan dalam operasi pemadaman kebakaran hutan berjumlah 35 orang anggota. 10 Brimob Kompi B, 5 Polsek Bula dan karyawan Kalrez 25 orang," ungkap Kapolres Seram Bagian Barat AKBP Saminata kepada wartawan, malam ini.

Proses pemadaman api menggunakan satu unit mobil Fire Tank, Pompa Hydrant, Fire Hose, dan Fire Nozzele milik PT. Kalrez.

Upaya personel yang dimulai sejak pukul 16.00 WIT membuahkan hasil. Api berhasil dijinakan sekitar 19.30 WIT.

"Api dapat dipadamkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut. Situasi saat ini masih dalam keadaan aman terkendali," ujarnya.

Saminata menghimbau masyarakat untuk sementara tidak melakukan aktifitas pembersihan lahan dengan cara dibakar.

"Ini untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan. Saat ini cuaca panas di awal musim kemarau seperti saat ini," pintanya.

83

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR