Home Politik Mendagri Minta Kada Tak Tinggalkan Daerah Terdampak Karhutla

Mendagri Minta Kada Tak Tinggalkan Daerah Terdampak Karhutla

Jakarta, Gatra.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau seluruh kepala daerah untuk tidak meninggalkan daerahnya saat terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

Selain itu, dia meminta kepala daerah untuk segera berkoordinasi dengan TNI, Polri, BNPB, BPBD, serta pihak terkait lainnya untuk melakukan pemetaan area lahan yang terbakar. 

"Radiogram terakhir, kalau daerahnya terdampak kami minta minimal kepala daerah atau wakilnya jangan dua-duanya pergi. Harus tinggal di tempat mengoordinasikan dengan semua pihak," ujarnya pascaperayaan Ulang Tahun BNPP di Tangerang Selatan, Banten, Selasa (17/9).

Tjahjo juga meminta kepala daerah untuk segera mengeluarkan dana talangan secepatnya dalam menghadapi bencana ini guna menjaga warga yang terdampak agar tidak terbengkalai. 

"Tanggap darurat bisa dilaksanakan dulu. Jangan menunggu [dana] dari pusat, malah repot nanti. Padamkan dulu. Beli beras dulu atau apa, bangun posko dulu, jangan sedikit-sedikit daerah mengandalkan pusat. Saya kira dengan perencanaan anggaran harus baik antara DPRD dan Pemda," tutur Tjahjo. 

92