Home Ekonomi Percepat Ekonomi Desa dengan Bantuan BUMDes

Percepat Ekonomi Desa dengan Bantuan BUMDes

Denpasar, Gatra.com - Pertumbuhan ekonomi desa seringkali dinilai lambat, jika dibandingkan dengan pembangunan ekonomi perkotaan. Sementara itu, revolusi industri 4.0 menuntut para pelaku ekonomi di desa hendaknya memiliki pemahaman dan keterampilan memanfaatkan teknologi dalam pengembangan usaha.

Melihat hal tersebut, Universitas Udayana melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) berupaya mendorong gerak ekonomi desa dengan membangun kewirausahaan yang dapat ditampung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal itu disampaikan Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P, di Ruang Pertemuan A.A. Made Djelantik, Universitas Udayana, di Jalan Sudirman, Kota Denpasar, Bali, Rabu (25/9).

“Kita mendorong mereka melakukan inovasi. Selain itu juga mengembangkan produk inovasi berbasis kerajinan dan industri kreatif serta memasarkan produknya dengan memanfaatkan teknologi yang bisa lebih efisien dan produktif lagi,” sebutnya.

Pergerakan ekonomi desa tentu harus turut didorong dengan pengembangan teknologi yang tepat guna juga. Namun tetap sesuai dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, ekonomi, dan tidak mencemari lingkungan.

Dia menambahkan, dengan adanya kolaborasi tersebut, ekonomi desa tentunya akan mampu bergerak maju serta dapat bersaing secara global juga nantinya. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan warga tentu akan mampu dipenuhi juga. Serta ekonomi di desa akan dapat terdorong terutama kearah yang lebih berkembang serta lebih maju lagi. 

343