Home Internasional Kesepakatan Tahap Pertama, Donald Trump Tunda Kenaikan Tarif

Kesepakatan Tahap Pertama, Donald Trump Tunda Kenaikan Tarif

Washington D.C, Gatra.com - Amerika Serikat dan Cina telah mencapai kesepakatan tahap pertama untuk mengakhiri perang dagang pada Jumat (11/10). Kesepakatan ini mendorong Presiden AS Donald Trump untuk menunda kenaikan tarif. 

Kesepakatan parsial dalam sektor pertanian, mata uang, dan beberapa aspek perlindungan kekayaan intelektual ini merupakan sebuah langkah besar dari upaya mengakhiri perang dagang antara AS dan Cina. Pasalnya, perang dagang antara AS dengan Cina, selama 15 bulan ini, telah mengganggu pasar dunia serta memperlambat pertumbuhan global.

Meski begitu, para pejabat yang terlibat dalam perundingan tersebut mengatakan bahwa  kesepakatan harus dibuat secara tertulis. Selain itu, diperlukan tahapan-tahapan lain agar kesepakatan tersebut bisa dikatakan resmi dan kuat. Pengumuman kesepakatan ini tidak dirincikan secara detail. Menurut Trump, proses pembuatan kesepakatan tertulis bisa memakan waktu hingga lima minggu.

Baca Juga: Pelaku Bisnis Harap Perang Dagang AS-Cina Berakhir

"Kami tidak akan menandatangani perjanjian kecuali kami mendapat dan dapat memberi tahu presiden bahwa ini ada di atas kertas," kata Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin ketika kedua belah pihak bertemu di Gedung Putih seperti dilaporkan oleh Reuters.

Bersama Wakil Perdana Menteri Cina, Liu He, yang duduk berseberangan dengan Trump di Oval Office, Trump mengatakan kedua pihak telah menuju tahap akhir dalam perang dagang. "Ada banyak gesekan antara Amerika Serikat dan Cina, dan sekarang ini adalah festival cinta. Itu hal yang baik," katanya.

Baca Juga: Trump Optimis Hubungan Dagang AS-Cina Bisa Membaik

Hal itu diungkapkannya dua hari setelah perundingan tingkat tinggi di Washington yang dihadiri Mnuchin, Menteri Perdagangan AS Robert Lighthizer, dan delegasi Cina yang dipimpin Liu. Mnuchin mengatakan, Trump setuju untuk tidak melanjutkan kenaikan tarif bea masuk menjadi 30%, dari sebelumnya hanya 25%, yang seharusnya diberlakukan pada Selasa (15/10). 

Tetapi Lighthizer mengatakan Trump belum membuat keputusan tentang tarif yang mulai berlaku pada bulan Desember. "Saya pikir kita akan memiliki kesepakatan yang jauh melebihi tarif," ujar Trump.

Trump sebelumnya menegaskan bahwa dirinya tidak akan puas dengan kesepakatan parsial untuk menyelesaikan upayanya selama dua tahun ini untuk mengubah perdagangan, kekayaan intelektual, dan praktik kebijakan industri yang menurutnya menghabiskan biaya hingga jutaan dolar di A.S.

118