Home Politik Tahun 2020, Anggaran Untuk Menata Danau Toba Rp4,04 Triliun

Tahun 2020, Anggaran Untuk Menata Danau Toba Rp4,04 Triliun

Tobasamosir, Gatra.com – Tahun 2020, pemerintah menyediakan anggaran Rp4,04 triliun dari sebelumnya hanya Rp0,02 triliun. Anggaran tersebut akan dialokasikan untuk pembenahan Kawasan Danau Toba. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pada acara Peresmian Kawasan “Toba Caldera Resort" dan Peletakan Batu Pertama untuk Pembangunan Glamping, serta menandai dimulainya pembangunan infrastruktur kawasan Danau Toba, di Lahan Zona Otorita Danau Toba, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Senin (14/10).

Arief mengatakan bahwa anggaran tersebut dialokasikan melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Rp1,06 triliun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik (PUPR) Rp2,5 triliun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK) Rp23 miliar.

“Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes) Rp17 miliar, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Rp4,8 miliar, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rp400 miliar dan lainnya,” terangnya.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat yang memprioritaskan pembangunan Danau Toba. Diharapkan surga kecil yang ada di Danau Toba akan tambah indah lagi yang diatur oleh tangan cerdas anak bangsa.

"Saya (Gubernur) dan bersama-sama rakyat Sumut dan masyarakat di kawasan Danau Toba, sangat mendukung dan kami pastikan bahwa tempat ini dengan bantuan presiden, menjadi destinasi prioritas seperti yang sudah dicita-citakan. Belum diapa-apakan saja sudah indah, apalagi diatur oleh orang yang cerdas. Saya yakin ini pasti bisa atas ridho Tuhan," katanya.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

326