Home Politik Arifin Tasrif, Pernah Jadi Dubes Jepang, Kini Menteri ESDM

Arifin Tasrif, Pernah Jadi Dubes Jepang, Kini Menteri ESDM

Jakarta, Gatra.com - Presiden Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah mengumumkan nama-nama Menteri Kabinet Kerja Jilid II. Yang paling mengejutkan terselip nama Arifin Tasrif yang dipercayai oleh Presiden Jokowi untuk memimpin Kementerian ESDM. Arifin Tasrif sebelum ditunjuk menjadi Menteri ESDM merupakan Duta Besar Indonesia di Jepang. Dia diangkat secara resmi sebagai duta besar Republik Indonesia untuk Jepang oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 13 Maret tahun 2017.

Selain itu, sebelum menjadi Duta Besar di Jepang. Arifin Tasrif juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia hingga tahun 2015. Pria lulusan Institut Teknologi Bandung ini, diberi tugas tidak mudah di bidang energi. Terlebih, Presiden Jokowi dalam pelantikannya menekankan agar Menteri ESDM harus mampu mentransformasikan ketergantungan energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT).

"Menteri ESDM harus bisa mempercepat proses transformasi dari energi fosil ke energi terbarukan," kata Presiden Jokowi saat memperkenalkan para Menteri-menterinya di Istana Negara, Rabu (23/10)

413