Home Kesehatan IDI Dukung Menkes Kembalikan Fungsi Puskesmas

IDI Dukung Menkes Kembalikan Fungsi Puskesmas

Jakarta, Gatra.com - Beberapa waktu yang lalu, Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto berencana akan mengembalikan fungsi puskesmas pada fitrahnya. Menurutnya, fungsi fasilitas kesehatan tingkat pertama (fktp) tersebut tidak melulu soal penyembuhan orang sakit. Melainkan menjadi fasilitas promotif dan preventif.

Sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Indonesia (PB IDI), Daeng M. Faqih mendukung rencana ini. Ia mengatakan, bahwa fitrah merupakan sesuatu yang suci dan harus dikembalikan. "Jadi itu langkah yang luar biasa komitmennya, karena kalau tidak dikembalikan sebagai pusat kesehatan dan pencegahan penyakit. Maka, kegiatan promotif dan preventif akan berantakan," katanya usai mengadakan pertemuan dengan Menkes di kantor PB IDI, Jalan Dr GSSJ Ratulangi Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/10).

Dengan pengembalian fungsi puskesmas ini, Daeng berharap indikator-indikator upaya kesehatan juga berjalan dengan baik. Selain itu, kejadian penyakit yang mulai timbul bisa segera tereliminasi.

233

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR