Home Milenial Festival Wakaf Buku Memupuk Budaya Membaca Generasi Milenial

Festival Wakaf Buku Memupuk Budaya Membaca Generasi Milenial

Padang, Gatra.com - Pemerintah Kota Padang menyambut baik Festival Wakaf Buku oleh Komunitas Muda Literat dan Orang Kaya Buku (OKB) di Kota Padang. Apalagi kegiatan itu, bentuk mencerdaskan bangsa dengan literasi, agar kaum milenial bisa tercerahkan dalam pengetahuan. 

Pernyataan itu disampaikan Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa saat menghadiri kegiatan Festival Wakaf Buku di Kupi Batigo, Sabtu (9/11) malam di Padang. Dengan Harapan, bisa mendorong generasi milenial meningkatkan literasi, demi menambah kesadaran pentingnya memupuk budaya membaca.

Menurutnya, Festival Wakaf Buku salah satu cara pemuda sebagai promotor menggerakan bangsa dan memenuhi kebutuhan generasi milenial untuk buku-buku bacaan berkualitas. Terutama untuk mendukung kebijakan pemerintah ikut mencerdaskan generasi muda ke depannya.

"Kegiatan ini dapat membantu mengembangkan minat baca, sekaligus panggung literasi ini juga diharapkan, mendukung segala kebijakan yang telah ditetapkan Kota Padang dalam mencerdaskan generasi muda di Kota Padang ke depan, kata Hendri.

Sementara Ketua Muda Literat, Muthia Isa Khadifa mengatakan, Festival Wakaf Buku sudah digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu. Buku-buku yang disumbangkan nantinya akan diberikan kepada yang membutuhkan, seperti para penggiat literasi, dan ruang baca di lembaga pemasyarakatan (lapas).

Muthia menyebutkan, Festival Wakaf Buku ini juga diisi dengan berbagai kesenian, seperti pentas musik dan pameran karya intelektual. Selain itu, juga ada dialog bersama Novelis Yetti A Ka, dialog ibu dan anak bersama Ratjun Buku dan Wulan Mulya Pratiwi. Bagi pengunjung membeli buku baru diberikan diskon 20-25 persen.

"Bagi siapa yang ingin menyumbangkan buku pada festival ini, dapat menyumbangkan buku bacaannya, baik fiksi maupun non fiksi, kecuali buku pelajaran. Para pengunjung bisa juga membeli buku baru dengan diskon 20-25 persen," ungkap Muthia.

Pada kesempatan itu, juga digelar acara penampilan musik dari Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) Kota Padang. Hadir dalam kesempatan itu, anggota DPRD Kota Padang Manufer Putra Firdaus, Presiden Orang Kaya Buku (OKB) Yusrizal KW dan Komunitas lainnya di kota Padang, seperti Komunitas Sumbar Hijau, Komisi Film Daerah (KFD) Padang, dan komunitas lainnya.

Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa bercekrama dengan anggota DPRD Kota Padang Manufer Putra Firdaus, Pembina Komunitas Muda Literat Yusrizal KW dan Ketua KPJ Padang Dudung di Kupi Batigo tersebut.

139