Home Hukum Orang Kepercayaan Zola Mengaku Tak Tahu Uang Suap Rp5 Miliar

Orang Kepercayaan Zola Mengaku Tak Tahu Uang Suap Rp5 Miliar

Jambi, Gatra.com – Mantan Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi, Arfan meminjam uang sebesar Rp5 miliar kepada seorang kontraktor bernama Joe Fandy Yoesman alias Asiang sebagai uang suap permintaan ketok palu pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018 ke 53 Anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019.

Hal ini dikatakan mantan orang kepercayaan Zumi Zola Zulkifli, Asrul Pandapotan Sihotang saat menjadi saksi pada sidang lanjutan tersangka Joe Fandy Yoesman di Pengadilan Negeri, Selasa (12/11). "Yang pinjam Rp5 miliar itu Pak Arfan. Peminjaman uang itu saya tidak tahu," kata Asrul.

Selain Asrul, mantan Gubernur Jambi Zumi Zola, Plt Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik, dan tiga orang anggota dewan Effendi Hatta, Zainal Abidin dari Fraksi Demokrat dan Muhammadiyah dari Partai Gerindra turut hadir sebagai saksi.

Asrul bilang, peminjaman oleh Arfan baru diketahuinya langsung dari mulut Asiang saat bersebelahan kursi dalam satu pesawat dari Jambi menuju Jakarta pada 24 November 2017. "Waktu itu terdakwa menyampaikan kepada saya bahwa Arfan meminjam uang. Saya ke Jakarta untuk ketemu investor pembangunan pelabuhan Ujung Jabung, kebetulan ketemu terdakwa," kata Asrul.

Setiba di Jakarta, Asrul juga mengaku bertemu Kepala Perwakilan Provinsi Jambi, Amidy di salah satu hotel di Jakarta. Selain membahas uang Rp5 miliar yang dipinjam oleh Arfan, mereka juga membahas apakah Asiang dijamin masih mendapatkan proyek tahun anggaran 2018.

"Amidy menyampaikan pesan Plt Sekda Erwan Malik apakah Asiang masih mendapatkan kegiatan lagi atau tidak. Beliau (Erwan) sungkan ingin menyampaikan langsung ke Gubernur (Zola)," ujar Asrul.

Asrul mengatakan, saat itu Pemprov Jambi tengah ditekan oleh anggota dewan bila tidak memberikan yang suap ketok palu. Dewan mengancam program pemerintahan tidak akan berjalan selama tahun 2018.

"Pada saat itu Tim KPK juga ke Jambi memberikan sosialisasi ke Pemprov Jambi dan anggota dewan. Kemudian saya ditelepon Pak Zumi Zola untuk menanyakan apakah pada saat pengesahan anggaran hari Senin anggota dewan kuorum atau tidak. Amidy saya hubungi bilangnya kuorum karena dia sudah bertemu langsung dengan Pak Arfan di Hotel Aston Jambi. Lalu saya sampaikan ke Pak Zumi Zola, terus sorenya ada OTT," ucap Asrul.

692