Home Politik Lestarikan Tradisi, Surya Ikut Terbangkan Layangan

Lestarikan Tradisi, Surya Ikut Terbangkan Layangan

Asahan,Gatra.com - Bupati Asahan, Surya ikut menerbangkan layang-layang dalam lomba layang-layang yang digelar di alun-alun kota Kisaran, Asahan Sumatera Utara (Sumut) pada hari, Minggu (17/11).

Ratusan layang-layang dengan berbagai bentuk diikutlombakan. Menariknya, Bupati Asahan tampak menikmati permainan tradisional ini. "Layang-layang ini salah satu olahraga tradisional yang mulai dilupakan. Padahal main layang-layang itu asyik,"katanya.

Menurutnya, banyak generasi muda yang sudah tidak kenal lagi dengan budaya tradisi nenek moyang ini. Padahal olahraga tradisional ini memiliki daya tarik tersendiri. Saat ini, kata Bupati Asahan tersebut jumlah praktisi olahraga itu sudah sangat minim.

Karena generasi muda menganggap olahraga layang-layang itu sudah kuno dan menganggapnya tidak keren. Dalam acara pembukaan budaya tradisional itu Surya meminta agar kegiatan lomba Layang-layang ini dapat dijadikan sebagai momen untuk memperkenalkan olahraga tradisional itu.

“Ajang tradisional ini kita jadikan sebagai ajang silaturahmi antara para penggiat olahraga tradisional untuk meningkatkan persatuan dalam membangun negeri ini,” kata Surya.

Tak sampai disitu, jika memungkinkan dia berharap olahraga lomba layang-layang ini jadi daya tarik wisata. Lomba layang-layang ini diikuti Oleh 123 atlit layang-layang dari berbagai daerah yang ada di kabupaten ini. Ketua Panitia, Legimin Roy berharap, tradisi bermain layang-layang kembali membumi.

Reporter: Edy Gunawan Hasby

249