Home Milenial Kolaborasi LIPI dan Quipper Tingkatkan Literasi Penelitian

Kolaborasi LIPI dan Quipper Tingkatkan Literasi Penelitian

Jakarta, Gatra.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berkolaborasi dengan Quipper membuat video pembelajaran yang ditujukan untuk milenial sebagai bentuk upaya peningkatan minat dan literasi terhadap ilmu pengetahuan dan penelitian. Video tersebut berupa penjelasan hasil penelitian yang dilakukan LIPI serta video wawancara untuk menarik minat anak muda menjadi peneliti.

"Kolaborasi ini sih misinya satu, kita mau memberikan lebih banyak informasi serta meningkatkan kesadaran tentang penelitian dan peneliti itu sendiri ke masyarakat luas, khususnya siswa-siswi SMA, dengan menggunakan platform Quipper," ungkap Ruth Ayu Hapsari, Business Development Manager Quipper Indonesia, di Kuningan, Jakarta, Selasa (10/12).

Sementara itu, Prapti Sasiwi, S. Kom, Kepala Balai Informasi Teknologi LIPI mengatakan, video penelitian yang dibuat oleh Quipper dikemas dengan tampilan yang menarik serta bahasa gaul yang mudah dipahami. Berbeda dengan video-video LIPI sebelumnya yang dibuat dengan format dokumenter.

"Video Quipper ini mungkin lebih bisa membuat anak muda menseriusi penelitian. Dengan video Quipper ini diharapkan para generasi muda memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar," ujar Prapti.

Dalam kolaborasi ini, LIPI telah memilih tiga peneliti yang jurnal penelitiannya divisualisasikan dalam bentuk pembelajaran. Salah satunya adalah Intan Suci Nurhati, Ph. D, seorang peneliti Paleoseanografi. Wanita yang terpilih menjadi salah satu dari 100 Most Influential Women versi National Geographic ini menjelaskan mengenai bahaya yang dialami makhluk hidup laut dalam video pembelajarannya.

Intan sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan oleh LIPI dan Quipper ini. Dia berharap kolaborasi ini dapat menjadi langkah awal agar orang-orang tertarik dengan penelitian. Peneliti berusia 36 tahun ini juga berpesan kepada siswa-siswi untuk membuka pikiran terhadap penelitian.

"Ini masa-masa penting, jangan batasi peluang kalian. Selalu cari tahu dan pelajari tentang penelitian," katanya.

Video pembelajaran tersebut mulai dirilis sejak hari ini melalui Youtube LIPI dan Quipper serta aplikasi Quipper Video. Siswa-siswi maupun masyarakat umum dapat menikmati video pembelajaran tersebut secara gratis.

Reporter: IMS

483