Home Milenial Sobat Ambyar SMA N 1 Sigaluh Gelar Battle Dance Campursari

Sobat Ambyar SMA N 1 Sigaluh Gelar Battle Dance Campursari

Banjarnegara, Gatra.com – Sobat Ambyar SMA Negeri 1 Sigaluh, Banjarnegara, Jawa Tengah, menggelar battle dance untuk mengisi waktu luang usai ujian penilaian akhir semester (PAS) pekan lalu. Uniknya, lagu untuk battle dance itu adalah campursari.

Sekretaris OSIS SMA Negeri 1 Sigaluh, Azelia Pramudita mengatakan, akhir-akhir ini, demam lagu bertema ‘nggrentes’ milik God Father of Broken Heart, Didi Kempot melanda kalangan millenial di berbagai daerah. Salah satunya di SMA Negeri 1 Sigaluh, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Untuk mengakomodir para Sobat Ambyar, sebutan penggemar Didi Kempot dan memeriahkan kegiatan class meeting, OSIS SMA Negeri 1 Sigaluh, Senin (16/12) menggelar acara battle dance (adu joget) dengan lagu-lagu musisi campur sari itu.

“Acaranya seru dan meriah. Kegiatan ini untuk melatih kekompakan dan kreativitas,” katanya.

Tak ayal, lapangan sekolah pun menjadi panggung meriah dengan musik yang kebanyakan sudah dikemas menjadi dangdut koplo. Dua tim kelas yang saling beradu berhadapan menunjukkan kebolehan mereka dalam berjoget secara berkelompok.

“Jadi kegiatan ini menuntut kekompakan dan kekreatifan. Satu kelompok harus kreatif tapi juga kompak,” ujarnya.

Dia menerangkan, satu siswa menjadi komando di depan dengan puluhan siswa lain mengikuti gaya seirama dengan lagu yang diputar. Bagi tim kelas yang kompak, maka irama mereka menjadi tontonan yang mengasyikkan.

Terlebih jika dipadu dengan kostum nan eksentrik dan unik, hasil kreasi sendiri. Namun bagi kelas yang tidak kompak dan kurang persiapan, maka mereka akan menjadi bahan tertawaan.

Meski begitu, dia mengatakan kegiatan ini bermuara kepada kebersamaan. Sehingga aura kompetisi tidak terlalu dominan. Bahkan usai semua tim kelas “beradu” joget, mereka pun menutup acara dengan joget bersama.

“Kita class meeting kali ini berusaha membuat kegiatan yang auranya lebih pada kebersamaan dan kekompakan,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengurangi ketegangan pasca Penilaian Akhir Semester (PAS) pekan lalu. Usai itu, semua siswa kembali ke kehidupan semula, bersahabat dan bergembira bersama.

“Cukup sudah kompetisi kita hadapi saat ujian, bersaing mendapatkan nilai terbaik. Sekarang waktunya santai menjelang liburan, sehingga kita ingin membuat acara yang menyenangkan. Selain beberapa kegiatan olahraga antar kelas, semuanya dalam rangka mempererat pertemanan” ujar Azelia.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Sigaluh, Sri Indrowati mengungkapkan, kegiatan beatle dance ini memiliki makna tidak hanya have fun semata. Menurutnya di sana ada unsur kekompakan, kerjasama dan juga kreativitas.

“Ada juga gerak yang padu dan juga aktif, ini sebenarnya mengurangi penggunaan gawai sehingga anak-anak beraktivitas fisik. Ternyata ketika kita kemas seperti ini, selain seru juga memunculkan kreativitas-kreatifitas yang tidak kami duga sebelumnya. Semoga ini berkesan, sehingga sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak,” kata Sri.

423