Home Kesehatan Virus Corona Menyebar, Istana Belum Putuskan Travel Warning

Virus Corona Menyebar, Istana Belum Putuskan Travel Warning

Jakarta, Gatra.com - Kasus pneumonia yang ditemukan di Wuhan, Hubei, China menyita perhatian dunia. Kasus ini diduga disebabkan oleh Virus Corona genom baru sebagai patogennya. Semua negara berusaha melakukan proteksi agar tak tertular virus ini, termasuk Indonesia. 

Menanggapi situasi tersebut, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengaku, sudah berkoordinasi langsung dengan Menteri Kesehatan perihal upaya preventif yang dilakukan oleh Pemerintah. Misalnya, upaya pencegahan sudah dilakukan di pintu masuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tanggerang, Banten. 

"Langkah preventif kita agar tidak kecolongan, sudah ada langkah-langkah di pintu masuk bandara misalnya. Yang paling penting adalah preventif," kata Moeldoko ditemui awak media, di Komplek Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/1). 

Baca juga: Ada Isu Virus Corona Di Kantornya, BRI Bagikan Masker

Soal himbauan atau travel warning bagi para WNI yang berada di Wuhan, Hubei, Cina, eks Panglima TNI ini menambahkan, masih belum diputuskan apakah WNI akan direlokasi untuk pulang ke Indonesia atau tidak. Terpenting, menurutnya, Pemerintah mengimbau agar para WNI di sana dapat mengantisipasi penyebaran virus dengan baik  baik dan mengikuti arahan otoritas setempat. 

"Sudah dihimbau agar WNI kita di sana mengantisipasi dengan baik. Travel warning? Belum dari kita," ungkapnya.

85