Home Politik Kongres Demokrat di Tengah Wabah Korona

Kongres Demokrat di Tengah Wabah Korona

Jakarta, Gatra.com - Partai Demokrat akan melaksanakan pemilihan ketua umum baru lewat Kongres ke V mereka di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (15/3). Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sudah dua periode menjabat Ketua Umum Demokrat akan melepaskan jabatannya di kongres kali ini. 

Selain pemilihan ketua umum, kongres dikabarkan juga akan membahas anggaran dasar serta arah politik partai ke depan. Kongres akan dibuka langsung oleh Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono. Demokrat menyatakan bahwa tidak akan mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ketua umum partai politik lain, karena kongres bersifat internal dan keadaan Indonesia yang dilanda Korona.  

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan. Hinca juga mengatakan bahwa SBY sebelumnya sudah berkomunikasi dengan Jokowi terkait pelaksanaan Kongres V Demokrat. Nantinya, sambung Hinca, hasil kongres akan disampaikan langsung ke Jokowi.

Kebijakan ini dilakukan karena Jakarta tengah dilanda Korona, dan puluhan orang telah dinyatakan positif terpapar virus tersebut. Sebelumnya, Kongres V Demokrat akan berlangsung selama tiga hari, tetapi karena pertimbangan keamanan, maka kongres diketatkan menjadi satu hari saja. 

Mengenai hal tersebut, pihak partai dikabarkan sudah berkomunikasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto perihal gelaran kongres di tengah wabah virus korona.

Pemprov DKI yang sebelumnya menolak mengeluarkan izin keramaian akhir-akhir ini, tak melarang berjalannya Kongres V Demokrat.

92