Home Milenial Wabah Corona, Ruang Guru Bantu Siswa Belajar dari Rumah

Wabah Corona, Ruang Guru Bantu Siswa Belajar dari Rumah

Jakarta, Gatra.com - Ruangguru meluncurkan program Sekolah Online yang dapat diakses secara gratis untuk membantu siswa agar dapat belajar dengan efektif di rumah. Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk alternatif dari kebijakan belajar jarak jauh. Terlebih, saat ini sekolah dilibuarkan untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid)-19.

Program Sekolah Online ini dapat diakses setiap Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Dalam program ini, akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran mulai dari jenjang SD hingga SMA. Di dalamnya tersedia pula fitur live chat.

Selain itu, Ruangguru juga memiliki program Pelatihan Guru Online gratis. Dalam program tersebut terdapat lebih dari 250 video belajar, modul, dan pelatihan guru di bidang pedagogi dan profesionalisme.

"Jadi dapat meningkatkan kompetensi guru selama masa seperti ini," kata Muhammad Iman Usman selaku CPO Ruangguru (Co-Founder Ruang Guru) di Hotel Morissey, Jakarta, Senin (16/3).

Mengenai antusiasme masyarakat dalam sekolah online ini, Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, mengatakan, sejak pagi kemarin, sudah ada ratusan ribu siswa yang bergabung dalam livestreaming sekolah online Ruang Guru.

"Kami sangat kaget melihat antusiasme siswa dalam mengikuti sekolah online Ruang Guru. Bahkan sebelum livestreaming dimulai, sekitar pukul 07.30, sudah sangat banyak siswa yang bergabung," ujar Deva.

Ia menambahkan, program ini akan dilanjutkan untuk beberapa hari ke depan hingga sekolah kembali dibuka.

Deva menjelaskan, selama ini, livestreaming di Ruangguru belum pernah sampai ratusan ribu siswa yang bergabung. Hal tersebut mengalami peningkatkan dari sebelumnya. Lebih lanjut, ia menambahkan, banyak siswa yang bergabung membuat ia sempat khawatir apakah sistemnya akan kuat, tetapi ternyata masih aman dan lancar hingga saat ini.

Meskipun program ini dibuat untuk membantu siswa agar bisa belajar efektif. Deva mengingatkan, sekolah online ini tetap harus diawasi oleh orang tua. Lebih lanjut, ia berpesan, agar kesempatan ini digunakan untuk belajar. Tidak untuk santai-santai.

Reporter: RRA

317