Home Kesehatan Disiplinkan Warga, Wali Kota Tegal Kerahkan Polwan dan Kowad

Disiplinkan Warga, Wali Kota Tegal Kerahkan Polwan dan Kowad

Tegal, Gatra.com - Wali Kota Tegal, Jawa Tengah Dedy Yon Supriyono akan mengerahkan Polisi Wanita (Polwan), Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) dan Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dalam mendisiplinkan warga yang tidak memakai masker di masa new normal atau kenormalan baru. Langkah itu akan disertai dengan pembagian masker.

"Nanti kita menerjunkan seluruh Polwan, Kowad, dan Kowal memakai sepeda motor trail melaksanakan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan," kata Dedy Yon, Sabtu (6/6).

Dedy Yon mengatakan, operasi penegakan disiplin tersebut akan disertai dengan pembagian masker ke warga yang didapati tidak memakai masker. Ribuan masker menurutnya sedang dipersiapkan.

"Nanti dalam seminggu kita akan membagikan 10.000 masker ke masyarakat saat digelar operasi penegakan disiplin," ucapnya.

Menurut Dedy Yon, pengerahan Polwan, Kowad dan Kowal tersebut agar operasi penegakan disiplin tersebut bisa dilakukan dengan cara-cara persuasif dan humanis. Hal ini sesuai dengan instruksi dari Kapolri dan Panglima TNI.

"Ini agar masyarakat dalam menuju new normal jangan ada ketegangan, kepanikan dan tetap merasa terlindungi sehingga selain ada petugas laki-lakinya ada tim dari Polwan, Kowad dan Kowal," ujar dia.

Terkait masih adanya pasien positif Covid-19 dari daerah lain dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat di rumah sakit di Kota Tegal, Dedy Yon mengatakan hal itu tidak mempengaruhi penerapan kenormalan baru.

"Mudah-mudahan PDP segera selesai, ODP juga nihil sehingga mudah-mudahan akhir bulan kita bisa penutupan new normal dan secepatnya membubarkan Gugus Tugas Covid-19 Kota Tegal," tandasnya.

161