Home Milenial Pemkot Semarang Gratiskan 40 Sekolah Swasta

Pemkot Semarang Gratiskan 40 Sekolah Swasta

Semarang, Gatra.com - Pemkot Semarang menggratiskan 40 sekolah swasta dalam tahun ajaran baru 2020/2021. Program ini bertujuan agar seluruh warga Semarang dapat menikmati akses pendidikan yang mudah dan murah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri, mengatakan, sebanyak 40 sekolah gratis tersebut terdiri dari, 7 TK, 14 SD, dan 19 SMP. 

"Program ini bertujuan agar siswa-siswa yang tidak diterima di sekolah negeri bisa tetap bersekolah di sekolah swasta tanpa kesulitan biaya," ujar Gunawan, Jumat (10/7).

Ia menjelaskan, tidak ada persyaratan khusus bagi calon siswa yang ingin menuntut ilmu di sekolah swasta secara gratis hingga lulus. "Yang penting mereka warga Kota Semarang, sudah bisa masuk ke sekolah swasta yang kami tunjuk itu," ujarnya.

Bahkan, katanya, Wali Kota Semarang bakal menambah kapasitas sekolah swasta gratis, baik dari kapasitas murid atau jumlah sekolahnya. "Semuanya gratis dibiayai dari APBD Kota Semarang," ucapnya.

Untuk itu, ke-50 sekolah swasta gratis tersebut telah menjalani serangkaian proses verifikasi. "Tidak sembarang karena seluruh sekolah yang kami tunjuk sudah melakukan verifikasi dan disetujui oleh wali kota," tandasnya.

635