Home Olahraga Jepang Bantah Olympiade Tokyo Bakal Mundur Lagi

Jepang Bantah Olympiade Tokyo Bakal Mundur Lagi

 

Tokyo, Gatra.com - Komite Olympiade Internasional (IOC) membantah informasi yang menyebutkan bahwa gelaran Olympiade Tokyo 2021 akan kembali ditunda akibat masih merajalelanya Covid-19.

Tidak hanya IOC, pemerintah Jepang pada Jumat (22/1) juga menyebutkan bahwa Olympiade akan tetap berlangsung seperti yang telah dijadwalkan. Adapun Olympiade Tokyo telah mundur 1 tahun dari jadwal semula yakni Juli 2020.

Kabar itu muncul dari media the Times of London, yang mengutip seorang sumber anonim yang merupakan pejabat senior yang berada di komite. Ia menyatakan bahwa pemerintah Jepang sudah sampai pada tahap kesimpulan bahwa Olympiade 2021 tidak mungkin dilaksanakan tepat waktu karena pandemi belum kunjung usai.

“Beberapa laporan media hari ini menyebutkan adanya klaim dari Pemerintah Jepang yang menyimpulkan bahwa Olympiade Tokyo harus ditunda karena virus Corona,” demikian statement dari pihak IOC, sebagaimana dikutip dari CNN.

“Berita tersebut bisa dikatakan tidak benar, semua pihak yang terlibat di sini bekerja sama untuk menyukseskan Olympiade pada musim panas ini,” lanjut pernyataan IOC tersebut.

Sementara penyelenggara Olympiade Tokyo 2020 menyatakan bahwa Perdana Menteri Jepang Yashihide Suga menyatakan bahwa dia sudah bulat tekad untuk melaksanakan Olympiade. Pada pertemuan tersebut juga ditekankan bahwa persiapan Olympiade ini dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan teliti untuk mencegah penularan selama pandemi.

“Semua pihak yang terlibat, mulai dari Pemerintah Jepang, IOC, pemerintah kota Tokyo, komite penyelenggara dan IPC sangat fokus pada pelaksanaan Olympiade pada musim panas ini,” ujar pernyataan tersebut.

“Kami juga sangat berharap agar kehidupan normal akan secepatnya kembali seperti sediakala dan kami akan terus melanjutkan usaha kami untuk menggelar Olympiade yang aman bagi semua,”lanjutnya.

Beberapa komite Olympiade negara lain juga membantah kabar dari the Times of London tersebut. “Sayangnya, saya harus mengatakan bahwa rumor yang disebut-sebut bahwa Olympiade akan ditunda lagi, justru malah menimbulkan kecemasan di kalangan para atlet,” ujar Ketua Komite Olympiade Australia Matt Caroll, sembari menegaskan bahwa Olympiade Tokyo akan dilaksanakan tepat waktu.

Demikian juga Ketua Komite Olympiade Kanada, David Shoemaker yang menyebutkan bahwa pihaknya tidak mempedulikan info dari the Times of London tersebut.

384