Home Olahraga Jadi Pelatih Barcelona, Xavi: Main Cantik dan Raih Poin

Jadi Pelatih Barcelona, Xavi: Main Cantik dan Raih Poin

Barcelona, Gatra.com – Barcelona resmi memperkenalkan Xavi Hernandez sebagai pelatih. Pihak Barcelona dan Xavi sudah sepakat untuk bekerja sama dengan kontrak kurang lebih dua setengah musim, dan bisa terus diperpanjang.

Xavi pun sudah mulai berani mengucapkan janji-janjinya saat menangangani Blaugrana. Antara lain akan membawa timnya bermain cantik, dan terus mendulang poin. “Kami percaya bahwa cara terbaik untuk menang adalah dengan bermain dengan baik,” ujarnya, seperti dilansir di situs resmi klub.

Baca Juga:

David Moyes Butuh 15 Laga untuk Kalahkan Liverpool

Derby della Madonnina Tanpa Pemenang

Pria kelahiran 25 Januari 1980 ini menegaskan, dirinya memiliki rencana yang jelas dan akan mengikutinya dengan poin demi poin. “Ini tentang sepakbola yang bagus dan mendapatkan hasil. Kami berada di Barca. Biarkan saya mengulanginya lagi – kami tidak bisa menggambar atau kalah dalam permainan,” sebutnya.

Selama ini, Xavi memang sangat identik dengan Barcelona. Sejak yunior, Xavi sudah berada di klub ini hingga 2015. Xavi lalu berpetualang ke Qatar untuk membela Al Sadd. Di Al Sadd dia memenangkan empat trofi.

Namun pada 2019 Xavi menyatakan pensiun sebagai pemain. Selanjutnya, pada 28 Mei 2019, Xavi menandatangani kontrak berdurasi dua tahun sebagai manajer baru Al Sadd. Sebagai pelatih, sejumlah gelar juara tetap dia persembahkan bagi Al Sadd.

Barcelona sendiri sangat membutuhkan sosok yang dinilai mampu membawa tim bangkit, dan ditakuti tim lain. Ronald Koeman yang sebelumnya dipercaya sebagai sosok yang mumpuni, dinilai gagal total. Barcelona pun memutuskan memberhentikan Koeman di tengah jalan.

Di ajang La Liga, saat ini Barcelona masih berada di peringkat ke-9 klasemen sementara dengan 17 poin. Barcelona tetinggal 11 angka dari pemuncak klasemen Real Sociedad yang telah mendulang 28 poin. Barcelona juga tertinggal 10 angka dari musuh bebuyutan mereka Real Madrid yang telah memiliki 27 poin, dan berada di peringkat kedua klasemen sementara.

Presiden Barcelona Joan Laporta juga sangat sumringah dengan bergabungnya Xavi sebagai pelatih klub. “ Hari ini akan menandai sejarah Barca. Selamat datang di rumah Xavi,” tandasnya.

144