Home Teknologi Aplikasi Safar Sebut Jamin Dana Umroh Jamaah

Aplikasi Safar Sebut Jamin Dana Umroh Jamaah

609

Jakarta, Gatra.com - Masalah pembiayaan dana umroh dan haji, kini menjadi hal yang sensitif setelah beberapa travel biro penyedia layanan tersebut melakukan penggelapan dana calon jamaan. Aplikasi layanan umroh, Safar menjamin dana yang diberikan calon jamaah akan tetap aman. Menurut mereka, hal ini sesuai dengan visi perusahaan yang mengutamakan keamanan dan kemudahan.

Kasus penggelapan dana umroh belakangan ini cukup menjadi keresahan calon jamaah. Pada Februari 2018, telah terungkap penggelapan dan pencucian dana yang dilakukan perusahaan travel cukup ternama, First Travel. Dari kasus tersebut setidaknya ada 63 ribu calon jamaah yang dirugikan.

Mengklaim sebagai perusahaan penyedia layanan umroh berbasis online, aplikasi Safar menyebutkan bahwa mereka telah membentuk sistem keuangan yang bisa dipercaya calon jamaah. Mirip seperti marketplace lainnya, aplikasi ini juga menjalankan sistem di mana mitra travel tidak akan menerima sepenuhnya dana yang diberikan konsumen sebelum mitra tersebut menyelesaikan layanannya kepada calon jamaah.

“Jadi dana itu, tidak serta merta masuk ke travel jadi ada proses dulu, ketika kewajibannya temen – temen travel sudah terpenuhi, baru dana ini bisa diterima 100%,” kata CEO Safar, Andang Sentanu, Kamis (2/5).


Baca juga: 


Menurut Andang, calon jamaah tidak perlu khawatir tentang kredibilitas biro travel yang bermitra dengan Safar. Mitra travel dipilih berdasarkan parameter yang telah ditetapkan perusahaan. Setidaknya biro yang ingin bergabung telah terdaftar sebagai Penyelenggara Perjalanan Inadah Umrah (PPIU), tercatat di Kementerian Agama (Kemenag), dan tergabung dengan Asosiasi Pengusaha Travel.

“Dengan sistem ini, jamaah tidak lagi ragu,” jelas Andang.

Lebih lanjut, Andang mengatakan bahwa calon jamaah bisa membayar biaya umroh dengan cara mencicil. Sistem kredit tersebut dibagi ke dalam 3 term pembayaran, yaitu term uang muka, term pembayar pertama, dan term pembayaran kedua.

Namun, lamanya jangka waktu term pembayaran tersebut disesuaikan dengan jangka waktu pemesanan dengan jadwal keberangkatan umroh. “Kalo mau lebih mudah proses nyicilnya, belilah dari jauh – jauh hari,” ujar Andang.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS