Home Info Satgas Covid-19 Bahaya WFH bagi Usia 40 Tahun Lebih, Jika Tak Lakukan Ini

Bahaya WFH bagi Usia 40 Tahun Lebih, Jika Tak Lakukan Ini

10573
 
Jakarta, Gatra.com - Bekerja di rumah atau Work From Home (WFH) selama pandemi Covid-19 ternyata bisa menimbulkan masalah terutama bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun. Masalah kesehatan yang dapat terjadi terutama pada otot, sendi, hingga jantung.
 
 "Kalau cuma kerja saja masalah timbul. Kita mesti bergerak dan olahraga. Kita bergerak khusus di musculoskeletal, otot,  sama sendi," kata Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dr Arie Sutopo saat diskusi di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Sabtu (3/10).
 
Otot dan sendi, lanjut Arie, harus selalu digerakkan atau di-stretching-kan. Jika tidak rajin melakukan pemanasan, mereka yang berusia di atas 40 tahun rentan terkena gangguan sendi.
 
Selain otot dan sendi, Arie mengingatkan pentingnya pemanasan cardio-respirasi, atau jantung dan pernapasan. Jika tidak, mereka akan terkena darah tinggi, bahkan sesak napas.
 
"Kedua, untuk cardio-respirasi, jantung dan pernapasan. Itu harus. Lama-lama (kalau tidak pemanasan), orang 40 tahun ke atas darah tingginya naik, napas jadi batuk-batuk, sesak, apalagi datang si Covid-19. Masalah lagi timbul," ungkap dia.
 
Arie memperingatkan, Covid-19 ini lebih berbahaya bagi mereka yang komorbid, atau pasien dengan penyakit bawaan. Penyakit bawaan itu misalnya paru-paru, diabetes, hipertensi, hingga gangguan jantung. Oleh karena itu, Wakil Ketua Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) ini pun menyarankan masyarakat untuk kerap bergerak meski di rumah saja agar daya tahan tubuh meningkat. Jika daya tahan tubuh kuat, otomatis sel putih juga meningkat sehingga bisa melindungi tubuh dari virus SARS-CoV-2 ini.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS