Home Olahraga Menang, Dua Wakil Ganda Putra Melaju ke Babak Perempatfinal India Open 2023

Menang, Dua Wakil Ganda Putra Melaju ke Babak Perempatfinal India Open 2023

Jakarta, Gatra.com - Dua wakil ganda putra Indonesia berhasil memenangkan laga di babak 16 besar India Open 2023, Kamis (19/1). Bermain di K. D. Jhadav Indoor Hall, India, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses memastikan tiket ke babak selanjutnya.

Fajar/Rian menang atas perang saudara melawan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Dalam laga yang berlangsung selama 36 menit, pasangan peringkat satu dunia mampu mengatasi perlawanan Bagas/Fikri dalam straight game, 21-17, 21-18.

Terjadi kejar-kejaran angka sejak pertandingan dimulai. Kedua pasangan itu mengaku paham akan kekuatan dan kelemahan masing-masing.

Baca Juga: Manchester City vs Tottenham Hotspur: Guardiola Ingin Kado Manis, Conte Tak Ingin Buat Kesalahan

"Kami sudah sama-sama tahu kelebihan dan kekurangan lawan karena kami selalu latihan bareng. Cuma hari ini kami bisa unggul karena strategi berjalan baik," ujar Fajar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/1).

Bermain tanpa pelatih, kedua pasangan saling beradu strategi. Agresif di depan net, Fajar mampu mengonversi kelebihannya menjadi poin.

"Tadi strateginya, kami lebih berani dalam permainan bola depan. Dengan begitu, pasti lawan akan lebih banyak mengangkat shuttlecock dan Rian akan lebih mudah bertindak sebagai eksekutor. Pola permainan ini berjalan baik," tambahnya.

Baca Juga: Memphis Depay Tinggalkan Barcelona, Berlabuh ke Atletico Madrid

Fikri menilai bahwa Fajar/Rian bermain lebih solid di laga kali ini. Pada pertemuan kelima kedua pasangan, Bagas/Fikri masih belum mampu menaklukkan pasangan peringkat satu dunia ini.

"Lawan memang bermain lebih bagus. Sebenarnya kami juga sudah bermain baik. Tadi kami sudah mencoba melawan, tetapi lawan memang lebih rapi dan solid penampilannya," aku Fikri.

Sementara, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil menang atas wakil China, Ren Xiang Yu/Tan Qiang. Bermain selama 75 menit, The Minions menang melalui rubber game, 16-21, 21-18, 23-21.

Baca Juga: Kalah STIN BIN Tetap Optimis Amankan Final Four

"Bersyukur bisa menyelesaikan pertandingan yang berjalan ketat dan sengit. Saya harus berjuang keras. Lawan juga bermain sangat baik. Defend-nya kuat. Lawan sepertinya sangat siap," kata Marcus.

Pada game pertama, pasangan asal Indonesia terus tertinggal perolehan poin. Namun, situasi berbalik pada game kedua. Kedua pasangan bergantian memimpin dan mendominasi pertandingan. Bertukar pukulan menarik dipertontonkan keduanya, membuat penonton tak henti bersorak. 

Marcus/Kevin pun mampu memaksakan pertandingan berjalan hingga rubber game. "Sudah lama saya tidak bertanding seseru seperti ini. Dulu saya sering melakoni pertandingan, dan selalu ramai," kata Marcus.

Baca Juga: Menang, Jojo Pastikan Tiket ke Babak Perempatfinal India Open 2023

Pertarungan ketat juga terjadi pada game penentuan. Meskipun tertinggal 9-11 saat interval, The Minions mampu mengejar dan menyamakan kedudukan 16-16. Tertinggal 19-20, Marcus/Kevin terus menyerang dan mampu mengambil keuntungan.

"Saya tadi hanya usaha dan berusaha terus saja di lapangan. Tidak ada kata menyerah," kata Kevin.

Hasil ini memastikan Indonesia masih memiliki dua wakil ganda putra di babak perempatfinal, Jumat (20/1). Fajar/Rian akan berhadapan dengan Mark Lamsfuss/Marvin Seidel asal Jerman, sementara Marcus/Kevin kembali menghadapi wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang.

35