Home Olahraga Ginting dan Jojo Melaju ke Babak Semifinal India Open 2023

Ginting dan Jojo Melaju ke Babak Semifinal India Open 2023

Jakarta, Gatra.com - Dua wakil tunggal putra sukses melaju ke babak semifinal India Open 2023, Sabtu (21/1). Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie berlaga di babak perempatfinal, Jumat (20/1) di K. D Jadhav Hall, India. Keduanya sukses menang atas lawannya masing-masing.

Ginting maju ke babak empat besar usai mengalahkan Li Shi Feng asal China. Pemain peringkat tiga dunia ini menang dengan skor 21-11, 17-21, 21-18 dalam durasi 65 menit.

Baca Juga: Babak 32 Besar India Open 2023: Vito Kalah, Ginting Menang Usai Rubber Game Ketat

"Puji Tuhan bersyukur bisa menang dan tanpa cedera. Tadi di game pertama, saya gampang bisa mendapat poin. Bisa mengatasi kendala di lapangan. Tadi itu juga pertandingan yang ketat dan tak mudah. Rasanya senang bisa menang dan saya bisa menerapkan pola permainan seperti yang diharapkan," kata Ginting dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/1).

Pada game pertama, Ginting mampu mengontrol jalannya pertandingan. Netting tipisnya mampu menghasilkan poin demi poin. Bahkan, saat unggul 13-11, Ginting mampu meraih delapan poin beruntun yang mengantarnya meraih game pertama.

"Saya gembira dengan kemenangan, meski harus bertarung tiga gim. Saya berusaha keras untuk mengalahkan Li," ujar Ginting.

Sedangkan di game kedua, hingga awal babak pertama, dominasi pemain asal Indonesia masih mampu unggul 7-4. Namun, kesalahan kerap dilakukan yang membuatnya justru kehilangan enam poin beruntun usai interval. Setelahnya, Shi mampu memanfaatkan keadaan dan memaksakan rubber game.

"Game kedua permainan saya mungkin terlalu monoton. Lawan rupanya sudah belajar dari kekalahan gim pertama dengan mengubah strategi," lanjutnya.

Memasuki game ketiga, Ginting tertinggal 6-10. Namun ia bangkit dan unggul 11-10 di interval game ketiga. Dominasi permainan kembali diambil Ginting. Akhirnya, lewat smash keras dua kali, ia memastikan menang dan lolos ke semifinal.

"Game ketiga, saya kembali terapkan strategi seperti gim pertama. Lebih fokus dan tetap menyerang. Juga mengurangi kesalahan sendiri saja," ujar Ginting.

Demikian juga Jonathan Christie, mampu menang atas wakil Taiwan, Chou Tien Chen melalui rubber game ketat, 21-15, 13-21, 22-20. Dalam pertandingan yang berlangsung selama 72 menit, Jojo, demikian dia karib disapa, mampu memastikan tiket ke babak selanjutnya.

Di game pertama dan kedua, kedua pemain saling berebut dominasi. Serangan Jojo mampu menahan perlawanan Chou di game pertama, sementara di game kedua, giliran Chou yang terus menekan dan berhasil memaksakan rubber game.

Baca Juga: Babak 16 Besar Malaysia Open 2023: Ginting Melaju, Jojo dan Chico Terhenti

Memasuki game penentuan, kejar-kejaran poin terjadi sejak awal babak. Tertinggal 10-11 saat interval, pemain peringkat empat dunia ini mampu mengejar menyamakan kedudukan 15-15, 18-18. Tertinggal 18-20, Jojo tetap tenang dan mengambil dua poin beruntun atas kesalahan Chou. Selanjutnya, dua poin kembali diraih Jojo yang memastikan tiket ke semifinal.

Di babak semifinal, Ginting akan berhadapan dengan Kunlavut Vitidsarn asal Thailand. Adapun Jojo akan bertemu pemain peringkat satu dunia sebagai wakil Denmark, Viktor Axelsen.

108