Home Hiburan Jalinan Kusam di Lemari Sosi Membuka Helateater 2023

Jalinan Kusam di Lemari Sosi Membuka Helateater 2023

Jakarta, Gatra.com - Lakon Jalinan Kusam di Lemari Sosi karya Flying Balloons Puppet menjadi pertunjukan pembuka Helateater tahun 2023. Grup teater asal Yogyakarta ini tampil dalam dua kali pertunjukan di Teater Salihara, Jakarta, pada 18 dan 19 Februari 2023.

Dalam penampilannya, Flying Balloons Puppet menyajikan permainan boneka di atas meja yang digabungkan dengan aktor dan manipulasi benda-benda keseharian. Di panggung, laci-laci kecil bertebaran melengkapi dua orang aktor yang beradu akting dengan sebuah boneka perempuan bernama Sosi.

“Ide ceritanya diambil dari kisah ibu angkat saya. Kisah ini sebagai cara saya berhubungan dengan dia dan merefleksi keadaan saya sebagai perempuan saat ini,“ ujar aktor sekaligus sutradara pertunjukan alinan Kusam di Lemari Sosi, Meyda Bestari, seusai gladi resik, Jumat (17/2).

Baca Juga: Semalam Masa Silam Mengunjungiku di Salihara

Karya ini mengusung tema memori dan tantangan bagi perempuan terkait dunia domestik yang membesarkannya sekaligus kungkungan dunia sosial di sekitarnya. Adapun hubungan aktor dengan objek dikembangkan ke dalam tiga kemungkinan: aktor sebagai dalang, aktor menggunakan objek sebagai properti pentas dan aktor adalah objek yang dimanipulasi oleh ruang dan aktor lainnya.

Flying Balloons Puppet adalah grup teater yang berdiri pada Januari 2015 dan digawangi oleh Rangga Dwi Apriadinnur. Flying Balloons Puppet sudah menampilkan lebih dari 15 pementasan baik karya tunggal maupun kolaborasi dengan pelaku seni dan kelompok kesenian di Yogyakarta sejak 2015.

Pertunjukan Jalinan Kusam di Lemari Sosi (Gatra/Adi Wijaya)
Pertunjukan Jalinan Kusam di Lemari Sosi (Gatra/Adi Wijaya)

Salah satu karya tunggalnya adalah Cerita Origami Merah Muda yang dipentaskan Agustus 2015 pada Festival Teater Remaja Nusantara di ISI Yogyakarta. Beberapa pentas kolaborasinya adalah The Bird bersama Les Rémouleurs (Prancis) dalam Printemps Francais (2016) dan Sori in the Land of Lembuna bersama Gwen Knoxx (Australia) dalam Pesta Boneka #6 (2018).

Selain Flying Balloons Puppet, setiap akhir pekan sepanjang 18 Februari hingga 05 Maret 2023, Helateater akan menampilkan kelompok teater lain yaitu: SEKAT Studio, Wayang Suket Indonesia, dan Institute Tingang Borneo Theater. Helateater 2023 lalu akan ditutup oleh penampilan spesial dari Papermoon Puppet Theatre.

Baca Juga: Tema Exchange di Salihara Jazz Buzz 2023

Helateater adalah program dua tahunan Komunitas Salihara yang berjalan beriringan Helatari. Tahun ini Helateater hadir dengan tema Teater Objek, sebuah gagasan yang mengedepankan pertunjukan dengan memanfaatkan objek–wayang, boneka, benda sehari-hari–sebagai jantung utamanya.

Tiga periode belakangan Helateater 2023 mengusung format “Undangan Terbuka” yang khusus ditujukan kepada para seniman muda untuk mengirimkan konsep dan gagasan yang matang baik dengan basis riset, tradisi, maupun eksplorasi. Kurator Teater Komunitas Salihara, Hendromasto Prasetyo beserta jajaran Dewan Juri (Iwan Effendi dan Zen Hae) mengatakan bahwa tahun ini Helateater memilih empat kelompok teater yang kuat secara cerita dan objek yang terukur.

“Merujuk pada tema Helateater 2023, kami memutuskan untuk memilih empat karya yang dinilai paling menjanjikan keberhasilan sebuah pentas teater berbasis objek seturut konsep karya masing-masing dalam Helateater 2023. Empat karya itu menawarkan pertunjukan yang kuat pada cerita dan berbeda satu sama lain. Juga, memiliki ansambel permainan objek yang rapi dan terukur,” katanya.

334