Home Ekonomi Serahkan Estafet Partner Country ke Norwegia, Indonesia Tetap Bakal Ikut Hannover Messe 2024

Serahkan Estafet Partner Country ke Norwegia, Indonesia Tetap Bakal Ikut Hannover Messe 2024

Jakarta, Gatra.com - Setelah sukses menjadi negara mitra atau partner country Hannover Messe di tahun 2023, Indonesia menyerahkan estafet kemitraannya pada Norwegia di tahun ini.

Staf Ahli Bidang Penguatan Kemampuan Industri Dalam Negeri, Ignatius Warsito menyerahkan langsung kemitraan Hannover Messe pada Deputy Head of Mission Embassy of Norway to Indonesia, Kristian Netland di Jakarta pada Rabu (6/3).

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Norwegia karena menjadi negara mitra resmi Hannover Messe 2024. Norwegia adalah salah satu mitra utama Indonesia untuk kerjasama di bidang perdagangan dan investasi, energi, dan masih banyak lagi," kata Warsito dalam sambutannya.

Meski tidak lagi menjadi negara mitra, Indonesia dipastikan akan tetap mengikuti Hannover Messe yang diselenggarakan pada 22-26 April 2024 mendatang di Hannover, Jerman. Nantinya, Paviliun Indonesia akan berada di Hall 4, Booth Number G52 yang memiliki luas 100 meter persegi.

"Indonesia akan berpartisipasi lagi di Hannover Messe 2024 dengan mengusung tema yang sama Infinity Journey memberikan bahwa Indonesia punya prospek dalam tema yang berbasis teknologi, digitalisasi, energi hijau, dan sebagainya," jelasnya.

Ia menyebut, partisipasi Indonesia di Hannover Messe akan menjadi ajang untuk memperkenalkan kemampuan manufaktur dalam negeri di tahap internasional. Selain itu, keikutsertaan Indonesia juga diharapkan bisa mendorong pengembangan infrastruktur digital di industri dalam negeri, mempererat keterkaitan dengan rantai pasok global, mempromosikan investasi, dan memperkuat kerjasama dengan negara-negara di seluruh dunia yang berpartisipasi bersama di Hannover Messe.

Pasalnya, berdasarkan data Global SafeGuard, 1,4% dari produksi manufaktur global berasal dari Indonesia. Sektor manufaktur Indonesia mencatat kinerja yang kuat di tengah perlambatan ekonomi global. Ekspor industri nonmigas juga mencapai 72,24% dari total ekspor Indonesia pada tahun 2023.

43