Home Ekonomi Belanda ingin Bangun Pabrik Semen atau Otomotif di Makassar New Port

Belanda ingin Bangun Pabrik Semen atau Otomotif di Makassar New Port

Makassar, Gatra.com - Pemerintah Negeri Belanda menjajaki peluang kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melalui rencana investasi pada pembangunan Makassar New Port (MNP)

Belanda ingin masuk di tahap III yang akan menelan investasi sebesar Rp60 triliun dan mulai dirintis pembangunannya pada 2021 mendatang.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang kepada sejumlah media di Makassar, usai menerima kunjungan Deputy Head of Economic Department - Netherlands Embassy in Indonesia, Joost Nuijten bersama tim ke Kantor Pusat Pelindo IV di Makassar.

Farid mengatakan, sebenarnya Pemerintah Belanda sebelumnya sudah pernah menjajaki peluang kerja sama dengan Pelindo IV, yaitu membangun pelabuhan di Maluku.

“Bahkan saat itu (pihak kedutaan Belanda) sudah membuat feasibility study-nya, tetapi belum ada kelanjutannya hingga sekarang,” ujarnya.

Pada kunjungannya kali ini, lanjut dia, pihak Kedutaan Belanda sangat tertarik untuk melakukan investasi pada pembangunan Makassar New Port Tahap III atau tahap industri nanti.

“Termasuk pengembangan baru Pelindo IV di wilayah Marangkayu, Kalimantan Timur,” ujarnya.

Di MNP Tahap III, menurut Farid, pihak Belanda berencana membangun pabrik semen atau otomotif.

“Mereka tadi bilang, mereka sangat interest untuk manufacturing di MNP Tahap III nanti. Karena hilirisasi memang perlu dilakukan. Mereka ternyata juga menyadari bahwa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) memang sangat diperlukan,” terangnya.

Farid mengatakan, dari total investasi MNP Tahap III sebesar Rp60 triliun, Pelindo IV masih menginginkan sharing investasi yang lebih besar.

Adapun bentuk kerja sama yang akan ditawarkan, bisa dalam bentuk konsesi selama 20 atau 30 tahun.

Bisa juga kerja sama pertukaran tenaga kerja atau peningkatan skill Sumber Daya Manusia (SDM). “Pada prinspinya, kontrol masih tetap ada pada Pelindo IV,” ucapnya.


Hendry Roris Sianturi