Home Politik Diduga Piting Jurnalis di Bandung, Ini Klarifikasi Polisi

Diduga Piting Jurnalis di Bandung, Ini Klarifikasi Polisi

Bandung, Gatra.com - Ketua Tim III Prabu Polrestabes Bandung, Ipda Suyanto memastikan anggotanya tidak melakukan intimidasi terhadap awak media yang hendak meliput pergerakan buruh untuk melakukan aksi di Gedung Sate, Rabu (1/5).

Sebelumnya, diberitakan dua jurnalis foto, yakni fotografer Tempo Prima Mulia dan jurnalis lepas Iqbal Kusumadireza (Reza) mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan oleh oknum petugas saat meliput. 

Diketahui, dalam kronologi yang dirilis Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung dipaparkan Reza dipiting oleh salah satu anggota tim Prabu yang menggunakan motor KLX bernomorpolisi D 5001 TBS.

"Yang tertulis tim saya? Tim Prabu III, saya jamin tidak ada langkah-langkah refresif ke media," ujar Suyatno.

Kejadian tersebut bertepatan saat polisi berupaya membubarkan kelompok remaja yang diduga melakukan aktivitas vandalisme dan kekerasan. Kata Suyatno, pada saat kejadian tim Prabu III fokus membubarkan kelompok remaja yang menggunakan baju serba hitam tersebut.

Ia menjamin, pihaknya tidak melakukan tindakan intimidasi kepada jurnalis.

"Untuk kejadian yang lain kami tidak tahu karena saat itu kami fokus ke kejadian, tapi tim saya jamin aman dari tindakan tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema mengatakan dugaan intimidasi dan penganiayaan yang menimpa dua jurnalis foto tersebut karena kesalahpahaman.

Irman menuturkan polisi berupaya mengamankan ratusan remaja yang melakukan aksi vandalisme dan penganiayaan sehingga terjadi keributan dan aksi kejar-kejaran.

"Mereka tidak menunjukan identitas kan, mereka (sekelompok remaja) ada juga yang mengambil gambar. Jadi kita tidak tahu mana yang jurnalis atau bukan," ujar Irman.

 


Reporter: Risyad Nuradi

Editor: Putri Kartika Utami