Home Gaya Hidup Pariban: Idola dari Tanah Jawa Kenalkan Adat Batak Lewat Komedi

Pariban: Idola dari Tanah Jawa Kenalkan Adat Batak Lewat Komedi

Jakarta, Gatra.com - Berangkat dari keresahan tentang adat istiadat yang diwariskan nenek moyang, lahirlah sebuah film komedi Pariban: Idola dari Tanah Jawa

Film yang akan tayang (4/5) mendatang ini mengajak penonton untuk mengenal adat Batak. Mengambil lokasi syuting di Pulau Samosir, film tersebut menceritakan sosok pemuda Batak, Moan dalam mencari pendamping hidup. Meski terlahir dari keluarga Batak, Moan besar dan tinggal di Jakarta.

Pada suatu hari, Ibu Moan memaksanya untuk pulang kampung dan menikah dengan paribannya. Di sanalah Moan mulai beradaptasi dengan budaya Batak yang sesungguhnya dan mulai ada rasa kepada sang pariban.

Dalam budaya batak, pariban artinya sepupu. Pada umumnya, anak laki – laki dari Namboru (bibi) dan anak perempuan dari Tulang (paman) bisa dijodohkan.

Menurut Produser film tersebut, Agustinus Sitorus, Pariban: Idola dari Tanah Jawa dibuat berdasarkan keresahan para pemuda batak terhadap adat pariban. 

Agustinus berharap filmnya ini bisa mewakili kisah setiap muda – mudi Batak dengan paribannya. “Semua orang batak pasti punya pariban dan memiliki ceritanya tersendiri,” kata Agustinus, Jumat (3/5).

Agustinus menjelaskan, film tersebut dibalut dengan sentuhan komedi supaya semua orang, terutama orang – orang di luar Batak bisa menerimanya. 

Dia mengakui bahwa budaya Batak yang ditampilkan dalam film ini tidak sekental film bertemakan Batak lainnya seperti Toba Dream, Bulan di Atas Kuburan, dan Demi Ucok.

“Ini adalah satu project yang kita buat bukan untuk totally orang batak. Ini hanya untuk mengenalkan budaya batak yang namanya pariban,” tutur Agustinus.

Namun, pada sekuel kedua nanti, yang belum bisa dipastikan waktu tayangnya, Agustinus mengatakan bahwa budaya Batak yang dikisahkan akan lebih kuat. Hal ini juga menjadi alasan mengapa di sekuel pertama ini Pariban lebih dominan dengan unsur komedi.

“Nanti si Halo Moan dan si Binsan akan lebih kenceng berantemnya dengan balutan adat batak, itu akan lebih berat. Nah makanya yang pertama ini yang kita tampilkan tidak seperti itu,” ujar Agustinus.

Pariban: Idola dari Tanah Jawa dibintangi oleh Ganindra Bimo yang berperan sebagai Halo Moan, Rizki Mocil sebagai Binsan, dan Atiqah Hasiholan sebagai pariban Moan.

2013