Home Gaya Hidup Perpustakaan Medan Ajak Warga Berinovasi

Perpustakaan Medan Ajak Warga Berinovasi

Medan, Gatra.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan membuka diri sebagai ruang edukasi masyarakat, khususnya para pelajar yang ingin menggali ilmu.

Selain menyediakan sarana dan fasilitas literasi, perpustakaan Kota Medan juga akan terus mengembangkan ruang inovasi lewat berbagai kegiatan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Darussalam Pohan mengatakan bahwa setiap tahunnya perpustakaan menggelar lomba. Lomba tersebut yang berkaitan dengan pendidikan dan literasi.

Lomba juga bertujuan mendukung beragam inovasi di dunia pendidikan, dan menggalakkan minat baca. Terlebih dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas dari perubahan zaman.

“Ada lomba setiap tahunnya, tujuannya agar meningkatkan minat dan membudayakan membaca dalam kehidupan sehari-hari. Disisi lain untuk mengasah kemampuan para peserta lomba,” jelasnya di Medan, Kamis (2/5).

Disela-sela penyerahan hadia lomba minat budaya baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan tersebut, Darussalam mengatakan bahwa pihaknya akan terus membenahi perpustakaan sebagai fasilitas literasi.

Hal ini bertujuan agar masyarakat memiliki fasilitas yang memadai. Namun dia juga berharap agar guru lebih kreatif membimbing dan mengajari siswa.

“Untuk tahun ini lomba yang kita buat dalam menyambut hari pendidikan nasional. Serta dilaksanakan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan. Sekaligus juga memperkenalkan perpustakaan kota Medan dan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas pelayanan yang sudah ada di perpustakaan kota Medan,” ujarnya.

Darussalam menambahkan bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang penting. Karena pendidikan merupakan akar dari peradaban bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang.

Untuk memperoleh pendidikan harus didukung sarana perpustakaan yang baik. Karena di perpustakaan berbagai sumber informasi bisa diperoleh. Selain itu banyak juga manfaat lain yang dapat diperoleh melalui perpustakaan.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Jhonny Marbun mengatakan bahwa tahun ini pihaknnya menggelar lomba tersebut bertujuan untuk menciptakan generasi literasi yang baik. Dengan harapan dapat membangun karakter, kecerdasan, serta daya kompetitif generasi muda dan masyarakat Kota Medan.

Marbun mengatakan bahwa lomba tersebut diikuti lebih dari 250 peserta. Pihak Dinas Perpustakaan dan Kerasipan berharap tingginya animo masyarakat mengikuti lomba, dapat menciptakan budaya baru dalam mengembangkan kecerdasan.


Reporter: Baringin Lumban Gaol

Editor: Hendry Roris Sianturi