Home Ekonomi Bappenas: Musrenbangnas Jadi Arah Pembangunan Nasional

Bappenas: Musrenbangnas Jadi Arah Pembangunan Nasional

Jakarta, Gatra.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020, bisa menjadi arah pembangunan nasional.

“Musyawarah ini bertujuan untuk menyampaikan informasi arah prioritas pembangunan nasional satu tahun ke depan kepada seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat dan daerah maupun non pemerintah,” katanya pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 dan RKP 2020, di Jakarta, Kamis (9/5).

Menurutnya, tugas penyusunan RKP 2020 ini diamanatkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, di mana selain dilakukan proses perencanaan secara top-down, Kementerian PPN/Bappenas juga berkewajiban melakukan proses perencanaan bottom-up dan partisipatif melalui forum Musrenbangnas 2019.

Baca Juga: Menteri PPN : Investasi Bisa Mengurangi Pengangguran di Maluku

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pertama, di Musrenbangnas 2019 diluncurkan Visi Indonesia 2045. Pada 2045, Indonesia akan menuju negara berpendapatan tinggi dan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar ke-5 di dunia,”katanya.

Tidak hanya itu, Lanjut Bambang, Indonesia juga akan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul, berbudaya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

“Ekonomi yang maju dan berkelanjutan, pembangunan merata dan inklusif, serta negara yang demokratis, kuat, dan bersih,” katanya.

673