Home Gaya Hidup KemenPar Prediksi Kunjungan Danau Toba Mencapai 50 Ribu

KemenPar Prediksi Kunjungan Danau Toba Mencapai 50 Ribu

Medan, Gatra.com – Kementerian Pariwisata (KemenPar) memprediksi kunjungan ke Kawasan Danau Toba (KDT) selama liburan lebaran mencapai 50 ribu pengunjung. Wisatawan nantinya akan tersebar di sejumlah destinasi di 7 Kabupaten di sekitar Danau Toba. 

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Destinasi Area I, Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Regional I, Andhy Marpaung mengatakan seluruh Kabupaten di KDT sudah memiliki objek wisata andalan. Karena itu kunjungan ke KDT selama lebaran akan tersebar di tujuh kabupaten tersebut. 

Baca Juga: Danau Toba Siap Menampung Wisatawan

“Kalau prediksi kita bisa mencapai 50 ribu. Seluruh kabupaten memiliki objek andalan dan sudah dapat dijangkau dengan baik. Contohnya Toba Samosir (Tobasa) dengan destinasi pantai serta sejumlah objek lain. Demikian juga Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan wisata gunung dan wisata alam lainnya. Termasuk Taput dengan panorama danau dari ketinggian,” terangnya kepada Gatra.com, Jumat (31/5). 

Andhy memaparkan bahwa jumlah tersebut sangat memungkinkan di capai dalam tujuh hari libur. Terhitung sejak tanggal 1 sampai dengan 10 Juni 2019  objek wisata akan dipadati. Karena itu seluruh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus memanfaatkan untuk promosi. 

Baca Juga: Pelajar di Silahisabung Diberikan Edukasi Geopark

“Tolak ukur kita sederhana, pertama akses mudah dan informasi jelas. Selain itu biaya wisata Danau Toba tidak terlalu mahal. Serta saat ini sudah banyak alternatif objek. Jadi bukan hanya Parapat atau Samosir saja. Disisi lain liburan juga tergolong lama, bahkan mencapai 10 hari,” katanya. 

Andhy juga menambahkan bahwa dari segi koordinasi, Pemkab di sekitar KDT sudah menyatakan siap untuk melayani tamu-tamu wisatawan. Demikian juga dengan pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang sudah mempersiapkan berbagai aspek pendukung. “Kita bisa melihat kesiapan dan keseriusan itu. Jadi kita berharap semua berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya.

Reporter: Baringin Lumban Gaol 

506