Home Politik Dave Sebut Airlangga Layak Diorbitkan untuk 2024

Dave Sebut Airlangga Layak Diorbitkan untuk 2024

Jakarta, Gatra.com - Politikus Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikaro, mengharapkan partainya bisa mengusung calon presiden (capres) berasal dari internal atau kader partai pada Pilpres 2024 mendatang.

"Sangat diharapkan dari kader internal untuk dia maju sebagai calon presiden di 2024 nanti," kata Dave kepada Gatra.com, Selasa (18/6).

Sedangkan saat disinggung siapa sosok dari internal partai yang digadang untuk Pilpres mendatang, Dave mengatakan, meski itu masih terbilang masih jauh, Golkar tidak akan kehabisan stok. Menurutnya, Ketua Umum (Ketum) Airlangga Hartarto merupakan salah satu yang layak diorbitkan untuk 2024.

"Tapi kalau kandidat siapa yang potensi untuk maju 2024, ya banyak, ketua umum kitakan namanya sangat bagus, sangat baik, terus prestasinya juga jelas. Kalau kader sih kita tidak khawatir, banyak yang bisa kita orbitkan untuk ke depannya," kata Dave.

Lebih lanjut Dave menyampaikan, meski mungkin terlalu dini bicara capres, namun partai harus mempersiapkan untuk 2024. Ia menilai Airlangga layak untuk diorbitkan karena meski dalam waktu tidak terlalu lama berhasil memimpin partai, salah satunya raihan suara Golkar pada Pemilu 2019.

Menurut Dave, saat Airlangga mendapuk Ketum, partai tidak dalam kondisi bagus akibat berbagai masalah di antaranya kasus yang menimpa Setya Novanto dan sejumlah kader lainnya. Namun Airlangga mampu menjawabnya, termasuk mematahan prediksi hasil lembaga survei soal raihan suara di Pemilu kemarin.

Adapun perolehan suara sesuai hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Golkar meraih 17.299.798 atau 12,3% suara nasional. Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya meraih urutan kedua perolehan kursi di DPR, yakni sebanyak 85.

"Ya itu kan prestasi, jadi waktu dia [Airlangga] menjadi ketua umum, kan kondisi Golkar kan lagi carut marut, sekarang dia berhasil menaikkan suara Golkar. Ya prestasinya itu luar biasa. Jadi itu harus jadi pertimbangan untuk menentukan ke depannya," kata Dave.

Bukan hanya dari kepemimpinan di partai, menurut Dave, Airlangga juga terbilang sukses berkiprah di pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Dia menjabat ?Menteri Perindustrian (Menperin).

"Itukan menunjukkan bahwa dia sebagai menteri itu berhasil memimpin kementerian, baik dari secara keuangan, prestasi, ada banyak keberhasilan yang dia toreh sebagai menteri. Itu menunjukkan kemampuan dia dalam menjalankan pemerintahan," katanya.

Menurutnya, hal-hal tersebut termasuk kapasitas dan kapabilitas yang kembali harus menjadi pertimbangan untuk terus mengorbitkan Airlangga di masa mendatang. "Jadi untuk dia sebagai dia calon presiden di 2024 sudah memiliki modal yang cukup," katanya.

Sedangkan saat disinggung lebih jauh soal ini, Dave mengatakan, saat ini pihaknya belum fokus ke arah sana karena masih konsentrasi menghadapi gugatan sengketa Pilpres dari ?Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno yang sedang bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kita belum mikirin ke sana dulu. Kita masih mikirin ini dulu, selesai di MK dulu, kita yakin pasti kita akan menang. Dari situ kita baru penentuan persiapan calon yang akan masuk ke kabinet," ujar Dave.

541