Home Kesehatan Ekstrak Daun Cassia Terbukti Hentikan Infeksi Virus DBD

Ekstrak Daun Cassia Terbukti Hentikan Infeksi Virus DBD

Jakarta, Gatra.com -  Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit endemis di Indonesia yang disebabkan oleh virus dengue dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Sebenarnya, infeksi virus ini akan sembuh dengan sendirinya. Namun, justru akan semakin parah jika ada masalah kebocoran plasma atau pembuluh darah akibat DBD.

Peneliti LIPI, Marissa Angelina, M.Farm, Apt melakukan penelitian pada disertasinya mengenai fungsi ekstrak daun cassia yang dapat menghentikan virus DBD agar tidak menjadi lebih parah.

“Orang yang meninggal akibat DBD disebabkan oleh karena tingginya virus pada hari kedua infeksi. Jadi ada kebocoran plasma. Dengan pemberian obat ini di hari kedua, kita berharap dapat menekan infeksi virusnya. Mungkin demamnya masih ada, tapi virusnya sudah tidak banyak. Namun, memang ada kasus-kasus DBD yang dapat sembuh dengan sendirinya,” katanya di IMERI FKUI, Rabu (26/6).

Tanaman ini sudah melalui uji coba pada hewan dan dalam jangka pendek tidak menimbulkan efek yang buruk. Termasuk dari toksisitas, setelah diteliti dalam waktu jangka pendek.

“Saya sudah mengamati tidak ada kematian dari penelitian menggunakan dosis tertinggi sekalipun. Saya juga mengamati tidak ada perubahan pada fungsi ginjal, hati maupun enzim-enzim serta jaringan yang sudah diukur,” jelasnya.

Secara empiris, orang awam sudah menggunakannya untuk penyakit kudis dan malaria tanpa melalui ekstrasi. Tetapi, memang tidak menggunakan takaran.

“Penelitian disertasi ini juga bertujuan untuk memberitahu kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi tanaman kesehatan. Selain karena dosis, penggunaan tanaman kesehatan yang berlebihan akan memicu toksisitas pada organ-organ di dalam,” imbuhnya.

495