Home Politik Aktivis ICW Bakal Jadi Kuda Hitam di Pilkada Tangsel

Aktivis ICW Bakal Jadi Kuda Hitam di Pilkada Tangsel

Tangerang Selatan, Gatra.com - Aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW), Ade Irawan digadang-gadang akan maju di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020. Ade diprediksi akan menjadi 'kuda hitam' di daerah yang berbatasan langsung dengan Jakarta itu. 

Pengamat politik Ray Rangkuti menilai berbekal pengalaman di ICW, Ade bisa menarik simpati masyarakat. Ia punya potensi untuk diusung oleh partai politik. 

"Ade Irawan punya potensi dilirik partai, kenapa? dia sudah dikenal secara umum. Kedua, adalah status aktivis ICW itu, menurut saya cukup diminati di kalangan masyarakat," ungkap Ray usai diskusi bertajuk 'Evaluasi Pemilu 2019 Untuk Menuju Pilkada Tangsel 2020', Rabu (26/6).

Namun sulit bagi Ade jika maju di Pilkada Tangsel melalui jalur independen. Tanpa partai politik, calon independen harus mengumpulkan KTP sebagai bentuk dukungan.

Pasal 42 UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada tegas mengatakan, pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah dapat diajukan secara perseorangan apabila mereka dapat mengumpulkan dukungan berupa kartu identitas penduduk (KTP) sebanyak 6,5-10 persen dari total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pilkada sebelumnya.

"Kalau di Tangsel ini agak sulit untuk independen. Karena separuh dari pemilih di Tangsel itu adalah orang yang tidak terlalu peduli dengan isu politik di daerahnya. maka, untuk meminta mereka tanda tangan itu agak sulit," jelas Direktur Lingkar Masyarakat Madani Indonesia (Lima) ini.

358