Home Gaya Hidup Tingkatkan Pendapatan Keluarga, GNI Bina Warga Belawan

Tingkatkan Pendapatan Keluarga, GNI Bina Warga Belawan

Medan, Gatra.com – Gugah Nurani Indonesia (GNI) siapkan program peningkatan perekonomian keluarga di kawasan Belawan, Medan. Program pengembangan tersebut akan dilaksanakan melalui kelompok – kelompok usaha di Kelurahan Belawan II.

Project Manager GNI Medan Belawan, Anwar Suhut, mengatakan bahwa ada banyak jenis usaha yang sangat berpotensi untuk dikembangkan di kawasan Belawan. Contohnya usaha kuliner, usaha konveksi dan usaha sembako.

Bahkan usaha yang berbentuk sociopreneurship seperti Bank Sampah juga ditemukan dan sangat berpotensi untuk dikembangkan. Keseluruhannya dapat digunakan meningkatkan pendapatan keluarga. Serta mengurangi dampak permasalahan sampah di Kelurahan Belawan II.

Baca Juga: GNI-Berbangsa: Membangun Martabat Bangsa Melalui Budaya

“Kami terlebih dahulu mengadakan penelitian secara komprehensif untuk mengidentifikasi potensi-potensi usaha lokal yang bisa dikembangkan. Termasuk, bagaimana pemasarannya dan potensi mitra usahanya,” terang Anwar dalam acara Workshop Analisa Potensi Usaha yang diadakan di Belawan, Selasa (16/7).

Anwar menambahkan setelah pemetaan potensi usaha, langkah berikutnya adalah pembentukan kelompok usaha. Hal itu dilakukan oleh masyarakat secara mandiri. GNI akan mendampingi kelompok - kelompok usaha yang terbentuk.

GNI akan menguatkan kelompoknya terlebih dahulu melalui pelatihan yang diperlukan, seperti pelatihan administrasi dan keuangan kelompok usaha, pelatihan produksi, pelatihan pengemasan, serta studi banding.

Baca Juga: GNI Berbangsa Resmi Mendapat SK Legalitas Kemenhukham

“Harapannya informasi ini bisa diketahui oleh seluruh masyarakat dan Pemerintah Kelurahan Belawan II, sehingga usaha dikembangkan masyarakat kedepan adalah berbasis kebutuhan. Setelah manajemen kelompok ini kuat, GNI akan memberikan akses permodalan serta material yang dibutuhkan dalam menjalankan usahanya,” terang.

GNI adalah organisasi kemanusiaan non pemerintah yang fokus pada upaya pemenuhan hak-hak anak dan pemberdayaan masyarakat. Organisasi ini hadir untuk menciptakan dunia yang aman tanpa kemiskinan dan kelaparan.

Tujuannya anak-anak mendapatkan hak asasinya dan tercipta harapan hidup yang lebih baik dan mencapai kemandirian. GNI berafiliasi dengan Good Neighbor International yang berdiri di Korea, 1991. Saat ini, GNI bekerja di 15 proyek pengembangan komunitas dan tersebar di sepuluh provinsi di tanah air.

Baca Juga: GNI Berbangsa Dirikan Perkumpulan Pemanfaatan Ular Berbisa

Camat Medan Belawan, Ahmad, SP mengatakan potensi - potensi usaha tersebut dapat dilanjutkan. Kedepan bisa menghasilkan produk khas Belawan yang unggul dan menjadi bench mark Kota Belawan.

“Saya berharap produk khas Belawan bisa ditemukan, dikemas dengan menarik, sehingga para pengunjung yang datang ke Kota Pelabuhan ini bisa menikmatinya dan menjadi oleh-oleh menarik untuk dibawa pulang” katanya.

Senada dengannya, Lurah Belawan II, Yose Fery juga mengapresiasi hasil penelitian yang dilakukan oleh GNI ini. “Ini menjadi informasi yang sangat penting bagi kami di Kelurahan, secara khusus bagi pokja II PKK, sehingga jika pokja ini ingin membentuk usaha, sudah ada bekalnya” katanya.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

486