Home Gaya Hidup Ini Cerita Kita Motivasi Disabilitas Tuli untuk Kejar Mimpi

Ini Cerita Kita Motivasi Disabilitas Tuli untuk Kejar Mimpi

Jakarta, Gatra.com - Perkumpulan anak muda Pamflet Generasi, Komunitas anak muda tuli Geraktin kepemudaan, dan Sedap Film kembali menggelar festival "Ini Cerita Kita" pada Jumat (19/7). Kegiatan ini merupakan sebuah inisiatif kolaborasi yang ditujukan untuk meningkatkan kesempatan bagi anak disabilitas, khusunya tunarungu.

Koordinator Pamflet Generasi, Hisbullah Amrie, mengatakan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan peran aktif anak muda tunarungu dalam pemenuhan hak disabilitas di Indonesia. Tahun ini, Pamflet fokus pada peningkatan kapasitas anak muda tunarungu untuk mengerti hak mereka di dalam dunia kerja.

"Proyek ini berfokus pada peningkatan kapasitas anak muda tuli usia 20-29 tahun, terutama perempuan baik yang tergabung dalam Geraktin kepemudaan maupun tidak, dengan latar belakang ekonomi menengah di Jakarta," Kata Amrie saat memberi sambutan dalam Kegiatan ICK di Goethehaus, Menteng, Jakarta, Jumat (19/7).

Sementara itu, kegiatan ICK juga menampilkan film pendek terkait tiga sahabat tunarungu yang sukses mendirikan kedai kopi yang khusus memperkerjakan penyandang tunarungu. Ketiga sosok tersebut adalah Putri Santoso, Andhika Prakoso, dan Tri Erwinsyah. Selain itu, Produser dari Sedap Films, Wini Anggraeni, mengatakan bahwa setelah melakukan riset, kisah ketiga sosok tersebut akhirnya diangkat menjadi film dokumenter pendek berdurasi 19 menit yang disutradarai oleh Chairun Nisa.

"Kisah mereka mampu memotivasi. Mereka tidak seperti anak muda tuli lainnya di Indonesia yang sulit diterima di dunia kerja, namun mereka tidak menyerah dan berhasil meretas batasan yang dimiliki," kata Wini.

253