Home Politik 104 Capim KPK Lulus Uji Kompetensi, WP KPK: Masih Ada Yang Punya Reputasi Buruk

104 Capim KPK Lulus Uji Kompetensi, WP KPK: Masih Ada Yang Punya Reputasi Buruk

 
Jakarta, Gatra.com - Wadah Pegawai (WP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menganggap masih ada sejumlah nama peserta capim KPK yang memiliki reputasi kurang baik di mata masyarakat. 
 
"Masih ada calon pimpinan yang namanya disebut masyarakat mempunyai reputasi yang kurang bagus," ujar Ketua WP KPK, Yudi Purnomo di Gedung KPK, Senin (22/7).
 
Namun Yudi enggan menyebut nama, siapa saja yang punya reputasi buruk di mata publik itu. Ia mengingatkan panitia seleksi Capim KPK jilid V ini agar dalam tahapan selanjutnya untuk lebih selektif dalam menganalisa dan menelisik rekam jejak dari peserta seleksi.
 
Seperti diketahui, hari ini panitia seleksi pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) mengumumkan jumlah peserta seleksi yang lulus uji kompetensi. Dari 192 orang yang lulus seleksi administrasi tahap awal, tinggal 104 yang lulus dalam uji kompetensi. Sementara lima orang  tidak ikut dalam uji kompetensi tersebut. 
 
"Yang hadir ikut uji kompetensi 187 orang, dan yang dinyatakan lulus uji kompetensi 104 orang," kata ketua Tim Pansel KPK Yenti Ganarsih di Gedung 1 Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (22/7).
 
Menanggapi itu, Yudi mengatakan, pihaknya terus melakukan penelusuran terkait rekam jejak peserta kontestasi pemilihan Pimpinan KPK itu. Sebab sebelumnya WP KPK juga sudah membentuk tim pengawal seleksi yang dilakukan oleh pansel ini. 
 
"Kami sudah kerja sama dengan koalisi masyarakat sipil yang juga membuka posko pengaduan masyarakat," ungkap Yudi.
 
Hasil dari analisisnya itu akan dibuka kepada publik ketika seleksi capim tinggal 30 nama. Saat terpilih 10 capim, nantinya merupakan orang yang punya integritas untuk memerangi korupsi. 
 
109