Home Ekonomi BI Goes to School Edukasi Digitalisasi Ekonomi

BI Goes to School Edukasi Digitalisasi Ekonomi

Tapanuli Tengah, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) Sibolga memberikan pemahaman tentang ekonomi digital di SMAN 1 Matauli Pandan, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut). 

Kegiatan BI mengajar ini serangkaian HUT ke 66 BI, yang mengusung tema bertranspormasi mewujudkan kontribusi nyata bagi negeri, termasuk di dunia pendidikan. Kepala kantor perwakilan (KPw) BI Sibolga, Suti Masniari Nasution, mengatakan digitalisasi ekonomi merupakan masa depan dan tidak terbantahkan. 

Baca Juga: Dorong Peningkatan Devisa, BI Sibolga Undang Pelaku Kopi di Sumut

Semua pihak harus memahami, terutama generasi milenial yang kesehariannya selalu bersinggungan dengan dunia digital. "Perkembangan ekonomi digital ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus mendukung inklusi keuangan. BI pun menyambut baik perkembangan teknologi digital di bidang keuangan ini, bahkan telah ada wacana ke depan terkait central bank digital currency (CBDC)," katanya. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Matauli Pandan, Murdianto mengatakan banyaknya pelajar di SMAN 1 Matauli yang bercita-cita ingin masuk ke Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN). Murdianto optimis hal tersebut dapat dicapai. Karena dalam kegiatan olimpiade sains tingkat nasional bidang ekonomi, SMAN 1 Matauli mampu meraih prestasi membanggakan setiap tahunnya dengan meraih medali emas dan perak.

Baca Juga: Deflasi Januari, TPID Kota Sibolga Torehkan Prestasi Terbaik 7 Tahun Terakhir

“Salah satu kegiatan olimpiade sain di bidang ekonomi ini adalah membuat karya tulis, ada yang berkaitan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Reksadana, dan BI. Merujuk pelaksanaan tahun 2019, kita kirim 2 finalis Olimpide Siswa Nasional (OSN) dan keduanya pun mendapatkan medali perak,” tambahnya. 

Reporter : Jonny Simatupang

603