Home Olahraga Stadion Manahan Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Stadion Manahan Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Solo, Gatra.com – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengajukan nama Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021. Beberapa stadion akan jadi lokasi laga penyisihan, salah satunya Stadion Manahan.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria saat kunjungannya ke Loji Gandrung, Solo, Jumat (16/8). PSSI mengajukan penawaran ini pada Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

”Kami bersama dengan Pak Rudy (Wali Kota Solo) menandatangani house city agreement untuk tiga pihak, di antaranya FIFA, PSSI, dan Pemkot Solo. Penawaran atau bidding PSSI bersama dengan FIFA World Cup U-20 2021,” ucap Ratu usai penandanganan kerjasama di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Jumat (16/8).

Saat ini PSSI tengah mengumpulkan semua kelengkapan dokumen administrasi untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah. Sebab semua dokumen harus dilengkapi akhir bulan ini. ”Deadlinenya akhir Agustus ini. kami mengumpulkan kelengkapan dokumentasi administrasi,” ucapnya.

Baca Juga: Stadion Manahan Solo Diklaim Siap Jadi Lokasi Piala Dunia

Rencananya ada delapan stadion yang diajukan sebagai tempat laga  Piala Dunia U-20 pada tahun 2021. Stadion tersebut yaitu Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Gianyar Bali, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Wibawa Mukti Bekasi, Stadion Patriot, dan Stadion Jalak Harupat.

”Lima di antaranya digunakan untuk stadion saat Asian Games. Ditambah ada tiga stadion baru yang akan diajukan, yakni Manahan, Mandala Krida, dan I Wayan Dipta,” ucapnya.

Stadion Manahan dinilai layak untuk diajukan sebagai tuan rumah. Sebab Stadion Manahan sudah memenuhi standar FIFA. Selain fasilitasnya lengkap, stadion ini juga memiliki lima lapangan untuk latihan.

”Stadion Manahan akan menjadi salah satu stadion utama yang dipakai untuk laga tim Indonesia atau tim-tim besar lainnya. Sebab stadion ini sudah memenuhi standar FIFA dari keamanan, regulasi, dan infrastrukturnya baik sekali,” jelasnya.

Baca Juga: Stadion Manahan Baru Sediakan Jacuzzi dan Rumput Lebih Kuat

Selain Indonesia, sejumlah negara lain juga turut mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Adapun negara yang menawarkan jadi tuan rumah itu antara lain Brazil, Peru, Myanmar, Thailand, Bahrain, UEA, dan Arab Saudi. ”Untuk Thailand dan Myanmar itu joint bid. Bahrain, UEA dan Arab Saudi itu joint bid,” jelasnya.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyambut baik rencana PSSI memilih Stadion Manahan. Pemkot Solo berencana melengkapi berbagai fasilitas untuk mendukung penawaran sebagai tuan rumah.

”Venue Stadion Manahan sudah ada tinggal bagaimana melengkapi sarana pendukungnya. Untuk lapangan latihan, banyak tersedia di Solo. Tinggal nanti kami lengkapi fasilitas pendukungnya,” ucapnya.

Apalagi saat ini proses renovasi Stadion Manahan sedang berlangsung. Stadion tersebut akan menjadi Stadion GBK mini dengan berbagai aksen tradisional.

139