Home Gaya Hidup Paradigma Masyarakat Terhadap Sampah Harus Diubah

Paradigma Masyarakat Terhadap Sampah Harus Diubah

Medan, Gatra.com – Paradigma masyarakat tentang sampah harus diubah untuk menciptakan lingkungan yang baik. Berbagai upaya pemerintah dalam mengelola sampah tidak akan berjalan dengan baik apabila masyarakat tidak dapat mengelola sampah dengan baik.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumut, Nawal Edy Rahmayadi mengapresiasi kehadiran Bank Sampah seperti Bank Sampah Nusa-3 Hijau yang diresmikan Selasa (20/8).

Baca Juga: KLHK: Sampah Produk Indonesia di Thailand Perlu Diteliti

Keberadaan Bank Sampah diharapkan hadir bersamaan dengan aktivitas edukasi kesadaran dan pelatihan keterampilan untuk mengelola sampah. Sehingga, nantinya dapat menambah penghasilan bagi masyarakat dan membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Tanpa edukasi sia-sia usaha kita. Pengelolaan sampah harus dimulai sejak dari sumbernya, dari rumah-rumah kita. Para Ibu, kita ajarkan anak-anak kita. Jika di rumah sudah tertib, mudah-mudahan kebiasaan tersebut akan dibawa saat ke luar rumah,” ucapnya.

Baca Juga: Bersih-bersih Laut, Susi Targetkan 300 Ton Sampah Terkumpul

Nawal juga memaparkan, terkait penanganan sampah, beberapa langkah sudah dilakukan Pemprov Sumut melalui Dinas Lingkungan Hidup, yakni membangun Pusat Daur Ulang (PDU) sampah di Desa Ujung Bandar, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu.

Pemprov Sumut memiliki perhatian yang serius terhadap permasalahan sampah. Karena itu, Pemprov sangat mendukung penanganan sampah yang dilakukan masyarakat, instansi dan berbagai pihak lainnya.

Baca Juga: Minim Anggaran Pemda Kurang Serius Kelola Sampah Akhir

“Bank Sampah adalah sistem pengelolaan sampah secara kolektif yang mendorong partisipasi masyarakat secara aktif. Berawal dari partisipasi aktif ini, semoga nantinya juga meningkat pada perubahan paradigma masyarakat mengenai sampah. Jika dikelola dengan baik menjadi produk bernilai ekonomis,” ujarnya.

Senior Excecutive Vice President (SEVP) Koordinator PTPN III, Suhendri mengatakan bahwa ide Bank Sampah Nusa-3 Hijau merupakan ide kreatif dari Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) PTPN III Deicy Dolly Pulungan dan keterlibatan seluruh manajemen PTPN III.

Baca Juga: Putri Selam Indonesia Ikut Bersihkan Sampah di Pantai Ancol

“Bermula dari ide Ibu Deicy untuk memaksimalkan peran IKBI untuk mendukung Gerakan Indonesia Bersih serta mendukung maksimalkan ekonomi kerakyatan. Pihak manajemen tidak menemukan kesulitan mewujudkan ini karena memang sejalan dengan visi misi perusahaan,” ujarnya.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

486