Home Internasional Korut Lakukan Uji Peluncuran Roket dengan Sistem Rudal

Korut Lakukan Uji Peluncuran Roket dengan Sistem Rudal

Seoul, Gatra.com - Korea Utara (Korut) melakukan uji peluncuran roket multipel super besar yang diawasi langsung oleh Presiden Kim Jong Un pada hari Sabtu (24/8). Roket tersebut merupakan bagian dari sistem rudal yang dirancang Korut sejak perundingan denuklirisasi dengan Amerika Serikat (AS) terhenti.

Baca juga: Korut Tembakkan Rudal, Seoul dan Washington Waspada

"Korea Utara harus meningkatkan pengembangan senjata strategis dan taktis baru untuk menghadapi ancaman militer yang terus meningkat dan tekanan ofensif pasukan bermusuhan," ucap Kim Jong Un, seperti dikutip Reuters, Sabtu (24/8).

Menurut seorang militer Korea Selatan, Korut menembakan sesuatu yang terlihat seperti dua rudal balistik jarak dekat ke laut di lepas pantai timurnya. Foto yang dikeluarkan oleh media pemerintah Korut menunjukkan roket diluncurkan dari tabung besar yang dipasang di belakang kendaraan roda delapan.

"Ilmuwan muda Korea Utara yang mengembangkan rudal adalah harta berharga dan kekayaan negara yang tidak dapat ditukar dengan apapun," kata Kim.

Baca juga: Korut dan AS Akan Bahas Lagi Penghentian Program Nuklir

Di lain sisi, Pemerintah Amerika (AS) tengah mencoba untuk memulai kembali perundingan denuklirisasi yang mandek dengan Korut. Setelah tes terbaru, Trump kembali menggembar-gemborkan hubungannya yang baik dengan Kim dan mengatakan pemimpin Korut itu "cukup berpihak dengannya."

168