Home Politik Pesan Bang Yos Untuk DPRD DKI, Jangan Jadi Tukang Stempel

Pesan Bang Yos Untuk DPRD DKI, Jangan Jadi Tukang Stempel

Jakarta, Gatra.com - Seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2019-2024 telah dilantik secara resmi, Senin (26/8), hari ini. Acara pelantikan dihadiri oleh sejumlah tokoh publik.

Salah satu yang terlihat adalah mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso. Sesaat sebelum memasuki ruang rapat paripurna, yang dijadikan tempat pelantikan anggota dewan, Sutiyoso sempat memberikan nasihat kepada anggota dewan yang dilantil. Apa itu? 

"Kewenangan DPRD tidak seperti dulu. Kalau dulu hanya tukang stempel. Orde baru kan," ujar Sutiyoso di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8).

Baca Juga: Sebanyak 106 Anggota DPRD DKI Dilantik Hari Ini

Bang Yos, sapaan akrab Sutiyoso, menambahkan, DPRD saat ini harus berbeda dengan DPRD ala orde baru. Berkaca pada pengalamannya selama di Jakarta, Bang Yos paham betul bagaiman kinerja DPRD masa lalu. 

DPRD yang baru dilantik harus paham betul tugas dan kewenangannya dan memperjuangkan kepentingan rakyat Jakarta. 

Baca Juga: Isran Noor Tiba di Istana, Ibu Kota Baru di Kaltim?

"Saya mengalami terakhir kali itu. Ujung orde baru saya ngalamin. Terus awal reformasi saya ngalamin. Saya mengalamin pemerintahan yang berbeda, Sekarang ini kewenangan DPRD sangat besar. Tidak seperti dulu," tutup dia. 

154