Home Ekonomi PGN Utus Dua Anak Perusahaan Kembangkan Proyek di Sumut

PGN Utus Dua Anak Perusahaan Kembangkan Proyek di Sumut

Jakarta, Gatra.com - Untuk mengembangkan transmisi gas di kawasan Sumatera Utara, tepatnya Kuala Tanjung-Sei Mangkei. PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) telah mengutus anak perusahaan untuk mengembangkan infrastruktur di wilayah tersebut.

"Soal pengembangan di Kuala Tanjung, kita menugaskan salah satu anak perusahaan kita, Pertagas dan Pertagas Niaga untuk mengembangkan pasar di Kuala Tanjung dan Sei Mangkei," ujar Direktur Komersial, Danny Praditya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (26/8).

Infrastruktur transmisi gas ini merupakan tahap II dari kelanjutan proyek Dumai-Sei Mangkei yang memiliki jalur sepanjang 325 kilometer (km). Selain itu, kawasan lainnya yang akan dikembangkan berada di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Salah satunya adalah Subang dan Semarang.

"Untuk wilayah pengembangan baru, ada beberapa kilang pertamina juga dan daerah pengembangan di jawa barat, di antaranya itu ada Subang, Jawa Barat dan ke Balongan. Kemudian kilang Cilacap, Semarang dengan diselesaikannya pipa transmisi Semarang. Tentunya ini akan menjadi tonggak baru untuk pengembangan infrastruktur gas di Jawa Tengah,"katanya.

Sebagai informasi, perusahaan akan melakukan pembangunan infrastruktur sesuai dengan rencana kerja hingga tahun 2024. Mulai dari pembangunan jaringan pipa distribusi sepanjang 500 km, pipa transmisi sepanjang 528 km, 7 stasiun pengisian LNG untuk truk dan kapal, hingga 17 fasilitas LNG untuk memasok kebutuhan listrik masyarakat.

984