Home Milenial Pulau Filonga Tidore Menarik Jadi Tujuan Liburan Akhir Pekan

Pulau Filonga Tidore Menarik Jadi Tujuan Liburan Akhir Pekan

Tidore, Gatra.com - Filonga, pulau kecil tak berpenghuni di Kota Tidore Kepulauan, menawarkan keanekaragaman hayati laut timur. 
 
Sebuah pulau dengan air laut bagaikan cermin, membuat awan putih tidak hanya berkeliaran di langit, tetapi juga di laut. 
 
Dari kejauhan, pasir putih yang cemerlang tampak berkilau terkena sinar matahari. Perpaduan batu dan pasir di pantainya yang landai, serta airnya yang dangkal, menambah eksotisme pulau dengan luas 1,1 kilometer tersebut. 
 
Mengitarinya kita hanya butuh waktu 20 menit dengan berperahu. Kendati tak ada home stay atau penginapan, namun hutan pulaunya yang lebat menjadi tempat berteduh para pengunjung dari sinar matahari yang menyengat. 
 
Menurut Firdaus, motoris speedboat rute Tidore - Ternate, Pulau Filonga dapat ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dari Pelabuhan Rum Tidore. 
 
Namun bukan berarti akses untuk menuju ke pulau yang sunyi dengan kecantikan alami itu terbatas. 
 
"Bisa juga lewat Ternate. Waktu tempuhnya sekitar 20 hingga 30 menit, sedangkan dari Pelabuhan Goto sekitar 10 sampai 20 menit. Tergantung performa mesin speedboatnya. Tapi rata-rata di sini kan menggunakan 2 sampai 3 mesin," jelasnya.
 
Biasanya, kata Firdaus, waktu kunjungan wisatawan dimulai sejak pagi hingga sore hari. Rata-rata tidak ada yang memilih bermalam. 
 
Tarif speedboat untuk sekali berkunjung berkisar Rp 800.000 hingga Rp 1.000,000. "Tergantung dari hasil tawar-menawar dengan para motoris," katanya.
809

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR