Home Ekonomi Masalah Sedot Pasir di Lampung Selatan, KLHK Buka Suara

Masalah Sedot Pasir di Lampung Selatan, KLHK Buka Suara

Jakarta, Gatra.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar menyatakan pihaknya telah turun ke lapangan perihal sedot pasir laut di Pulau Sebesi, Lampung Selatan. Ia menyebut penyedotan pasir laut bukanlah hal yang dapat dibiarkan begitu saja.

"Terkait dengan sedot pasir di Lampung Selatan, kami sudah turun ke lapangan langsung. Bahkan dari Desember 2014 sampai 2015, sudah ada penanganan. Kami telah bertindak karena hal tersebut tidak dapat dibiarkan," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (9/9).

Pernyataan tersebut menjawab pertanyaan yang diajukan oleh anggota Komisi IV DPR RI, Sudin dari daerah pemilihan Lampung. Ia mengatakan bahwa warga Pulau Sebesi, Lampung Selatan mengeluhkan keberadaan kapal tongkang penyedot pasir laut di area Gunung Anak Krakatau itu.

"Saya mau tanya, sudahkah ada langkah dari pemerintah untuk kasus sedot pasir di Pulau Sebesi? Karena saya belum baca atau lihat dari pihak pemerintah memberikan pernyataan atau langkah untuk penanganan kasus tersebut. Akhirnya saya menyarankan kepada mereka untuk beli banyak bensin dan bakar kapal tersebut," ujarnya.

Pernyataan tersebut mendapat persetujuan dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Menurut Susi, langkah bakar adalah cara yang dinilai paling efektif untuk mengusir keberadaan kapal tongkang dari kawasan Pulau Sebesi, Lampung Selatan.

 

235