Home Gaya Hidup Formalindo Medan Dibentuk, Targekan Galang Sejuta Buku

Formalindo Medan Dibentuk, Targekan Galang Sejuta Buku

Medan, Gatra.com - Forum Masyarakat Literasi (Formalindo) di Medan dibentuk sebagai tindak lanjut program Medan kota literasi. Pembentukan Formalindo ini dilakukan dalam kegiatan Lokakarya Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, di Hotel Grand Antares Medan, Kamis (3/10). 
 
Sekretaris Formalindo Sumut, Agus Marwan mengatakan bahwa pembentukan Formalindo tersebut sangat baik untuk pengembangan dunia literasi di Sumut. Saat ini sudah ada sejumlah kabupaten dan kota di Sumut yang sudah membentuk Formalindo. 
 
 
Seperti Kabupaten Langkat, Binjai, Deliserdang, Serdangbedagai,Tebingtinggi, Asahan, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Batubara dan Sibolga. Dengan dibukanya Formalindo di Medan makan pencanangan pengembangan literasi dapat lebih baik serta mampu menyebar kemasyarakat. 
 
Agus Marwan menambahkan bahwa nantinya Formalindo menargetkan pencanangan sejuta buku yang digalang dari partisipasi masyarakat. Nantinya buku - buku tersebut akan disebarkan ke sejumlah madrasah dan sekolah - sekolah yang ada di Medan. 
 
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan,  Maya Fitriani, SE saat membuka Lokakarya Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca pada Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan mengharapkan program literasi dapat terwujud dengan baik. 
 
Maya Fitriani mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa program. Diantaranya melakukan pembinaan institusi-institusi pegiat literasi di masyarakat. Mendorong sekolah untuk meningkatkan minat baca siswanya. 
 
 
Kemudian mendorong perpustakaan sekolah agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi warga sekolah maupun masyarakat sekitar sekolah. "Program-program itu kami siapkan sebagai langkah mewujudkan Medan sebagai kota literasi," katanya.
 
Sementara ketua panitia kegiatan, Wahyuni, S.STP., M.Si melaporkan, bahwa kegiatan lokakarya ini bertujuan untuk membentuk perpustakaan sekolah menjadi lebih baik. Selain itu meningkatkan minat baca masyarakat dan mengukuhkan kepengurusan Formalindo Kota Medan.
 
 
Lokakarya yang berlangsung satu hari penuh itu menghadirkan narasumber Kepala Perpustakaan UMSU Muhammad Arifin, M.Pd, Agus Marwan, S.IP dan Abdul Firman, S.Pd., M.Si dari Formalindo Sumut dan dipandu oleh Kepala Pusat Bahasa UMSU Rini Ekayati, SS., MA.
 
Kepala Seksi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca Jhonny Marbun, S.Pd, M.Si menambahkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan tersebut melibatkan puluhan guru di Kota Medan. Tujuannya supaya ada masukan dari Kepala sekolah dan guru SD dan SMP Negeri dan Swasta di Kota Medan dan kerjasama antar sekolah dalam meningkatkan kegiatan literasi di sekolah masing-masing.
378