Home Ekonomi Pekan Akhir Oktober, BI Catat Aliran Modal Asing Rp210 T

Pekan Akhir Oktober, BI Catat Aliran Modal Asing Rp210 T

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa aliran modal asing portofolio yang masuk ke Indonesia ialah sebesar Rp210 triliun year to date (ytd). Aliran tersebut masuk ke dua hal, yaitu Surat Berharga Negara (SBN) dan saham. 

"Kalau sepanjang tahun sampai 24 Oktober 2019, dari total aliran modal asing yang masuk tersebut ialah sebesar Rp157,6 triliun ke SBN dan Rp50,3 triliun ke saham," ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo di Gedung BI, Jakarta, Jumat (25/10).

Sementara untuk week to date (wtd), Perry menyebutkan bahwa sebesar Rp12,03 triliun telah masuk ke SBN. Sedangkan untuk saham, terjadi outflow sebesar Rp23 miliar. 

"Ini juga sebagai respon ketidakpastian atau perkembangan dari sisi global. Tapi ya, sepanjang tahun bisa saham itu masih masuk ke Indonesia," katanya. 

Di sisi lain, Perry meyakini bahwa aliran modal asing portofolio yang terus masuk ke Indonesia merupakan suatu testimoni atau indikasi dari kepercayaan investor asing terhadap kondisi perekonomian Indonesia. 

"Itu memang sangat kuat, baik untuk prospek ekonomi dan tentu saja kredibilitas dari berbagai langkah kebijakan yang telah ditempuh oleh BI, pemerintah dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," ucapnya.

47