Home Milenial Gubernur Sulsel Harap Sampah Jadi Solusi Energi Baru

Gubernur Sulsel Harap Sampah Jadi Solusi Energi Baru

Makassar, Gatra.com — Sampah masih jadi masalah di Sulawesi Selatan, bahkan Indonesia hingga saat ini. Padahal di negara lain, sampah sudah menjadi solusi energi baru.

“Sampah sampai saat ini masih jadi problem di Indonesia. Sementara Pak Presiden sudah mengingatkan kita soal sampah yang sudah jadi solusi energi di luar negeri,” kata Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah saat membuka International Investment Forum on Waste Management 2019 di Hotel Gammara Makassar, Kamis (7/11).

Gubernur berharap, forum ini dapat menjadi solusi bagi Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan. Caranya, forum ini dimanfatkan untuk merumuskan langkah-langkah menyelesaikan masalah sampah di Sulawesi Selatan, bahkan Indonesia.

"Saya kira banyak pimpinan daerah hadir hari ini. Kehadiran ini tentu merupakan komitmen untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan sampah di daerah kita masing-masing," kata Nurdin.

Nurdin menambahkan, pada forum tersebut banyak investor di bidang lingkungan yang diharapkan bisa memberikan kontribusi terkait persoalan sampah. Hal ini menjadi kebutuhan Kota Makassar dan Sulawesi Selatan.

“Kita berharap, melalui pertemuan ini, ada minimal salah satu di antara mereka bisa memberikan kontribusi untuk melakukan investasi dalam bidang pengelolaan sampah," kata mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Dikatakan, saat ini di seluruh dunia, sampah menjadi energi atau yang lebih dikenal dengan Waste-to-energy (WtE). 

“Semoga melalui pertemuan ini, jalan ke sana juga terbuka, sehingga sampah tidak lagi menjadi beban,” imbuhnya. 

105