Home Politik Kawatir disusupi, KPU Asahan Ekstra Ketat Seleksi PPK

Kawatir disusupi, KPU Asahan Ekstra Ketat Seleksi PPK

Asahan,Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan menargetkan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada 2020 harus sudah selesai Januari mendatang. Perekrutan itu akan dilakukan dengan sangat selektif untuk mencari petugas yang dapat bekerja secara objektif.
 
Ketua KPU Asahan, Hidayat Sp mengatakan, sebanyak 125 calon PPK akan direkrut dengan jumlah personil terdiri atas Ketua dan anggota masing-masing 5 personil PPK di tiap kecamatan. Rencanya perekrutan calon PPK akan dimulai dari tanggal 3 - 7 Januari 2020. 
 
 
Dia menegaskan, penjaringan calon  penyelenggara pemilu tingkat kecamatan ini akan dilakukan secara ketat karena riskan dengan sarat kepentingan.  "Kami akan ekstra hati-hati dan teliti dalam perekrutan calon PPK karena dikhawatirkan ada orang yang sengaja disusupkan yang memiliki afiliasi kepentingan kepada salah satu pasangan calon," ujarnya kepada Gatra.com.
 
Hidayat menegaskan, pihaknya akan meneliti secara detail figur calon. Termasuk kemungkinan adanya hubungan-hubungan baik hubungan emosional apalagi hubungan secara struktural politik kepada salah satu pasangan calon. 
 
 
Sebab itu KPU Asahan akan mengumumkan nama-nama kandidat calon PPK yang akan diseleksi, dan memberikan masa sanggah bagi masyarakat untuk melaporkan kepada KPU setempat. 
 
Diantaranya menyangkut tentang keterlibatan calon PPK kepada partai politik atau tim sukses pemenangan salah satu pasangan calon kepala daerah. "Hasil masukan informasi masyarakat ini akan menjadi bahan pertimbangan KPU untuk menetapkan calon menjadi PPK pemilu kada serentak 2020,"tegasnya. 
 
Reporter: Edy Gunawan Hasby
513